Pengintegrasian Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Ppkn melalui Desain Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran VCT
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v7i1.8364Abstract
Profil Pelajar Pancasila menjadi manifesti dalam upaya menjadikan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat, di mana di dalam dirinya memiliki kemampuan dalam menghadapi dunia global yang disertai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai identitas karakter dari bangsa Indonesia, di mana Profil Pelajar Pancasila terdapat enam karakter di dalamnya yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain pembelajaran dalam mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila.Selain mengembangkan desain pembelajaran, mengetahui efektivitas dari desain pembelajaran dengan menggunakan model VCT menjadi tujuan lain dari penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui beberapa sumber yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menjelaskan bahwa desain pembelajaran yang dirancang peneliti menggunakan model VCT, metode bermain peran, dan penggunaan video pembelajaran, di mana ketiganya dimanfaatkan untuk mengintegrasikan aspek-aspek Profil Pelajar Pancasila kepada peserta didik, sehingga aspek-aspek Profil Pelajar Pancasila dapat dimiliki oleh peserta didik. Selain itu, model pembelajaran VCT efektif digunakan dalam mengintergasikan Profil Pelajar Pancasila di mana hasil efektifitas yang didapatkan melalui post test memperoleh efektifitas sebesar 74,03%, di mana hasil tersebut termasuk ke dalam kategori efektif. Desain pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan oleh guru dalam mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dan dapat digunakan oleh peneliti lainnya sebagai referensi dalam menulis karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.