Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan HOTS Berbantuan Kahoot pada Mata Pelajaran PPKn di SMA N 5 Surakarta

Authors

  • Aulia Anjani Universitas Sebelas Maret
  • Wijianto Wijianto Universitas Sebelas Maret
  • Triana Rejekiningsih Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v7i1.8363

Abstract

Tuntutan perkembangan teknologi abad 21 memberikan dampak bagi bidang pendidikan. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki generasi abad 21 adalah keterampilan “The 4CS” yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diidentifikasikan oleh National Education Association [1]. Menurut Kemendikbud, peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat diukur melalui penilaian yang berorientasi HOTS [2]. Guru perlu melakukan variasi dalam penilaian pembelajaran dengan memanfaatkan platform digital dengan tetap memperhatikan kriteria dan prinsip penulisan soal HOTS [3]. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen penilaian pengetahuan HOTS yang digunakan guru PPKn di SMA N 5 Surakarta sebelum dilakukan pengembangan oleh peneliti, mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan HOTS berbantuan Kahoot pada mata pelajaran PKn, dan menguji keefektifan instrumen penilaian pengetahuan HOTS berbantuan Kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan model Sukmadinata. Simpulan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, sebelum dilakukan pengembangan oleh peneliti, penilaian pengetahuan HOTS yang dikembangkan oleh guru belum sepenuhnya memenuhi prinsip penulisan HOTS. Platform yang digunakan lebih sering menggunakan konvensional dibanding digital. Kedua, instrumen penilaian pengetahuan HOTS dikembangkan melalui beberapa tahap dinyatakan spesifik, relevan, dan representatif, memiliki tingkat kesukaran yang kompleks memiliki daya pembeda yang baik, butir soal dinyatakan valid dan reliabel, berdistribusi normal, dan berasal dari populasi yang sama. Ketiga, instrumen yang peneliti kembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA N 5 Surakarta. Temuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan implikasi teoritis terhadap penguatan teori belajar kognitif.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-27