EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MATEMATIKA LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v7i1.8361Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : Dengan menggunakan LKPD berbasis matematika lingkungan yang dikolaborasikan dengan benda-benda dilingkungan sekitar diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi perkalian sehingga peserta didik dapat mengerjakan soal yang ada didalam LKPD dengan benar. Hal tersebut diharapkan dapat berdampak meningkatkan prestasi belajar materi perkalian peserta didik kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas III di SDN 1 Juwangi Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah, dengan jumlah peserta didik 30 orang yakni 19 perempuan dan 11 laki-laki. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan posttest dan pretest selama 4 hari pada pembelajaran perkalian menggunakan LKPD berbasis matematika lingkungan. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil teknik tes postest dan pretest selama 4 hari LKPD berbasis Matematika Lingkungan pada pembelajaran matematika materi perkalian yaitu 95,67%. Respon ini termasuk kategori respon positif dengan standar yang ditentukan yaitu >75%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ketiga indikator keefektifan dalam pembelajaran telah terpenuhi dengan menggunakan Media LKPD berbasis Matematika Lingkungan terhadap kemampuan perkalian berhitung dua angka pada siswa kelas III SD N 1 Juwangi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.