EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MATEMATIKA LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS III

Authors

  • Eka Pita Hayu Krismaningrum Universitas Slamet Riyadi
  • Anita Trisiana universitas slamet riyadi surakarta
  • Ema Butsi Prihastari universitas slamet riyadi surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v7i1.8361

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Dengan menggunakan LKPD berbasis matematika lingkungan yang dikolaborasikan dengan benda-benda dilingkungan sekitar diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam  memahami materi perkalian sehingga peserta didik dapat mengerjakan soal yang ada didalam LKPD dengan benar. Hal tersebut diharapkan dapat berdampak meningkatkan prestasi belajar materi perkalian peserta didik kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas III di SDN 1 Juwangi Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah, dengan jumlah peserta didik 30 orang yakni 19 perempuan dan 11 laki-laki. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan posttest dan pretest selama 4 hari pada pembelajaran perkalian menggunakan LKPD berbasis matematika lingkungan. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil teknik tes postest dan pretest selama 4 hari LKPD berbasis Matematika Lingkungan pada pembelajaran matematika materi perkalian yaitu 95,67%. Respon ini termasuk kategori respon positif dengan standar yang ditentukan yaitu >75%.  Jadi, dapat disimpulkan bahwa ketiga indikator keefektifan dalam pembelajaran telah terpenuhi dengan menggunakan Media LKPD berbasis Matematika Lingkungan terhadap kemampuan perkalian berhitung dua angka pada siswa kelas III SD N 1 Juwangi.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-27