EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTUN DAN GAMBAR TOKOH LOKAL PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI BIBISLUHUR 1 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i2.3885Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang: (1) Media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran pendidikan karakter pada peserta didik SD Negeri Bibisluhur 1 Surakarta, dan (2) Keefektivan media kartun dan gambar tokoh lokal dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan karakter di SD Negeri Bibisluhur 1 Surakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan strategi studi kasus terpancang tunggal. Data diperoleh dari: (1) Tempat dan peristiwa yaitu kegiatan pembelajaran di SD Negeri Bibisluhur 1 Surakarta. Dari sumber data ini akan diperoleh informasi tentang efektivitas pembelajaran pendidikan karakter dengan menggunakan media kartun dan gambar tokoh lokal; (2) Dokumen, yaitu dokumen berupa buku-buku pelajaran, media pembelajaran yang digunakan oleh guru, dan laporan hasil evaluasi belajar peserta didik, dan (3) Informan, yaitu terdiri dari guru dan peserta didik kelas 5 SD Negeri Bibisluhur 1 Surakarta. Untuk memperoleh data dilakukan dengan: (1) Observasi; (2) Analisis dokumen, dan (3) Wawancara mendalam. Dalam upaya memperoleh validitas data dilakukan dengan trianggulasi data/sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan secara bersama antara komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data dan verifikasi atau penarikan simpulan dengan pengumpulan data secara interaktif menggunakan model siklus. Target luaran penelitian ini antara lain; (1) Menambah wawasan guru dalam memilih media pelajaran yang berbasis pendidikan karakter serta dapat memahamkan peserta didik tentang kearifan lokal; (2) Tersedia seperangkat media pembelajaran pendidikan karakter yang bersumber dari riwayat tokoh lokal.Â
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Media Kartun, Gambar Tokoh Lokal.
References
Abdul Majid, 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad Susanto, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.
Barnawi & M. Arifin, 2012.Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Daryanto.2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Kurikulum 2013Pendidikan Dasar: PedomanPengembangan Silabus dan Penilaian, Jakarta: Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar.
Dharma Kesuma, M.Pd., dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dhurorudin, dkk. 2005. Konflik Antar Elit Politik Lokal Dalam Pemilihan Kepala Daerah. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gagne, Robert M, Marcy Perkins Driscoll, 1989, Essential of Learning for Introduction, New Yersey: Prentice Hall, Inc.
Ida Zusnani. 2012. Manajemen Pendidikan: Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta: Tugu Publisher
LPPM UNISRI.2013. Panduan Penelitian dan Pengabdian Pada Massyarakat. Surakarta. Universitas Slamet Riyadi.
Legge, John D. 2001. Sukarno; Biografi Politik. Jakarta: Sinar Harapan.
Moh. Zaiful Rosyid, dkk. 2019. Ragam Media Pembelajaran; Visual, Audio Visual, Interactive Video, Power Point, E-Learning. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Suwarno, P.J. 1994. Hamengku Buwono IX dan Sistem Birokrasi Pemerintahan.Yogyakarta 1942-1974; Sebuah Tinjauan Historis. Yogyakarta: Kanisius.
Soetomo Siswokartono, W.E. 2006.Sri Mangkunegara IV Sebagai Penguasa dan Pujangga 1853-1881. Semarang: CV. Aneka Ilmu.
Sri Anitah, 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sutopo, HB, 2006, Metode Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Triatmanto. 2010. “Tantangan Pendidikan Karakter di Sekolahâ€. Dalam Cakrawala Pendidikan, Vol. 1, No. 3, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.