STRATEGI PENGUATAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA (Survey pada Wirausaha Fesyen di BTC dan PGS Surakarta)
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3413Abstract
The creative economy of the fashion business in BTC and PGS Surakarta is very important to be developed because it contributes to the regional economy. Constraints faced in running a business such as entrepreneurship orientation is low, so that the business performance is not optimal. One strategy to encourage the development of creative economy in the business of fashion in Surakarta is to increase creativity and market orientation, in order to obtain maximum business performance. This study aims to analyze the effect of entrepreneurship orientation on business performance moderated by creativity and market orientation. Sample of this study are 123 entrepreneurs of fashion in BYC and PGS Surakarta, using purposive sampling technique. Data analysis using regression analysis and Absolute Difference Test. The conclusion of hypothesis test result (1) entrepreneurship orientation have significant effect on business performance; (2) creativity can moderate the effect of entrepreneurship orientation on business performance; (3) market orientation can moderate the effect of entrepreneurship orientation on business performanceKeywords: entrepreneurship orientation, creativity, market orientation, business performance
References
Cynthia Vanessa Djodjobo dan Hendra N. Tawas, 2014, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manadoâ€, Jurnal EMBA, Vol. 2 (3), November. Hal. 1214-1224.
Dwi Wahyu Pril Ranto. 2016. "Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Bidang Kuliner Di Yogyakarta". JBMA. Vol. 3 (2). Hal. 1-11.
Ernani Hadiyati. 2011. "Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil". Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 13 (1). Hal. 8-16.
Gosselin, Maurice. 2005.“An Empirical Study of Performance Measurement in Manufacturing Firmâ€. International Journal of Productivity and Performance Management. Vol. 54 No.5/6. pp.419-437.
Halim, Djumilah Hadiwidjojo, Solimun, dan Djumahir, 2012. â€Kapabilitas Pemasaran sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Menengah di Sulawesi Tenggara)â€. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 10 (3). September. Hal. 472-484.
Heny Welsa. 2009. "Pengaruh Kewirausahaan terhadap Kemampuan Usaha serta Kinerja Usaha Rumah Makan Padang di Daerah Istimewa Yogyakarta". EKUITAS. Vol. 13 (3); Hal. 371-387.
Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan progam SPSS. Badan penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang. Liao. Debbie and Philip Sohmen. 2001. "The Development of Modern Entreprenuership in China". Stanford Journal of East Asia Affair. Vol 1.
Louis Utama dan Jeremy Kristanto Nadi. 2017. "Pengaruh Kreativitas terhadap Kinerja Usaha dengan Orientasi Kewirausahaan sebagai Mediasi pada Wirausaha di ITC Cempaka Mas". Conference on Management and Behavioral Studies. Universitas Tarumanagara Jakarta. 12 Oktober 2017. Hal. 80-88.
Mulato Santosa dan Muhammad Nasir. 2014. “Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Perusahaan pada Kondisi Persaingan Dinamis: Pemediasian Pembelajaran Organisasionalâ€. 3rd Economics & Business Research Festival. Fakultas Ekonomi UKSW. 13 November 2014. Hal. 564-577.
Perengki Susanto. 2012. “Pengaruh Orientasi Pasar pada Kinerja Perusahaan Kecilâ€. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. Vol 1 (2). Hal. 45-60.
Pretorius, M., Millard, S. M., & Kruger, M. E. 2005. "Creativity, innovation and implementation: Management experience, venture size, life cycle stage, race and gender as moderators". South African Journal of Business Management, Vol. 36 (4), pp. 55–68.
Rita Indah Mustikowati dan Irma Tysari. 2014. “Orientasi Kewirausahaan. Inovasi. dan Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi pada UKM Sentra Kabupaten Malang)â€. Jurnal: MODERNISASI. Vol. 10 (1). Februari. Hal. 23-37.
Weinzimmer, L.G. 2011. "Creativity and firm level performance, the mediating effects on action orientation". Journal of Management Issues. Vol. 23(1). pp 62-82.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.