Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Spiritual, Sosial dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3410Abstract
This study aims to analyze the influence of intellectual, emotional, spiritual, social and learning facilities on the level of accounting understanding. While respondents in this study were accounting students of the seventh semester of the Faculty of Economics at Slamet Riyadi University, total 84 students. The results of the study 1)) obtained the value of Sig (0.043) <0.05 means that emotional intelligence influences the understanding of accounting, 2) The calculation results obtained Sig (0.565)> 0.05 which means there is no influence of spiritual intelligence on the level of accounting understanding , 3) The calculation results obtained Sig (0.224)> 0.05 means there is no influence of social intelligence on the level of understanding of accounting and, 4) The calculation results obtained Sig (0.048) <0.05 this means there is an influence of learning facilities on level of understanding of accounting.Keywords: Emotional Intelligence, Spiritual, Social and Accounting Understanding Level
References
Agustian, Ary Ginanjar. 2007. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jakarta. ARGA Publishing.
Agung R, dan Latifatul Choir (2009). Teori Humanisme. Makalah. Universitas Negri Malang. Malang
Ariantini, Komang Nova, Edy Sujana, dan Nyoman Trisna Herawati. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Membaca Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasiâ€.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Manajemen Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Arnike Amisye Manansal. 2013. “Kecerdasan Emosi Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansiâ€. Jurnal EMBA. hlm. 901-910. Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Artana, 1 Made Buda, 1 Nyoman Trisna Herawati, dan Ananta Wikrama Tungga Atmadja. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Dan Mahasiswa S1 Universitas Udayana Denpasar)â€. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1. Volume: 2 No. 1. Universitas Pendidikan Ganesha. Bali
American Institute of Certified Public Accountants (AICPA). 2009. Trends in the Supply of Accounting Graduates and the Demand for Public Accounting Recruits. New York: AICPA.
Anonim. 2016. Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian dan Skripsi Fakultas Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.
Budhiyanto, S.J., Paskah. dan I. Nugroho, 2004, “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansiâ€. Jurnal EkonomiBisnis, Vol. X, No.2, Hal.260-281.
Carls, Warren, M James Reeve & Philips E Fess. 2005. Accounting. Salemba Empat; Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegroro. Semarang
Goleman, Daniel. 1999. Kecerdasan Emosional. Mengapa EQ lebih penting dari IQ. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Hasan, Iqbal. 1999. Pokok-Pokok Materi STATISTIKA 2 (Statistik Inferensif). Jakarta: Bumi Aksara.
Immanuela, Intan dan Putri Galih Widyawati. 2014. “Pegaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Budaya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderasi (Study Empiris pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Madiunâ€. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. Vol. 02, No. 01. Februari, hlm. 25-34. Universitas Katholik Widya Mandala. Madiun.
Julino, Sabto. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpuraâ€. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura . Vol. 2, No. 2, Desember 2013.hal. 137 – 169. Universitas Tanjungpura.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Undang-Undang No 49 Tahun 2014 tentang Standard Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta Mustofa. 2007. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. 4 (1). April. Hal. 76-88.
M Rudi Irwansyah.â€Pengaruh Hasil Belajar Dasar-Dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Bisnis dan Minat Terhadap Pemahaman Akuntansi yang Dikategorikan Berdasarkan Gaya Belajarâ€. hlm. 58-72. Universitas Pendidikan Ganesha.
M Wimbo Wiyono. 2012.†Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansiâ€. Jurnal WIGA. Vol. 2 No 2. hlm. 72-89. STIE Widya Gama Lumajang
Mustofa. 2007. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. 4 (1). April. Hal. 76-88.
Nasirwan, 2013, â€Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Mahasiswa terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi di Kota Medanâ€, Jurnal Telaah Akuntansi Vol.16 No. 02, Oktober 2013. Hal 53 – 69. Medan.
Ni Putu Ria Arista Dewi dan Dewa Gede Wirama. 2016. “Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansiâ€. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.16.1. hlm 615-644.
Nugraha, Aditya Prima. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember). Skripsi. Universitas Jember
Nyoman Suadnyana Pasek. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasiâ€. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 1, No. 1. Juni, hlm 62-76. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.
Onah. 2015. “Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi UMRAH. Skripsi. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji
Pemerintah Indonesia. 1987. Undang – Undang No 2 Tahun 1989, Pasal 16, Ayat (1) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta
Pemerintah Indonesia. 1987. Undang – Undang No 2 Tahun 1989 Pasal 16, Ayat(1); PP 30 Tahun 1990, Pasal 2, Ayat (1) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pratiwi, Dianny. 2011. “Pengaruh Kemampuan Pemakai Teknologi Inormasi, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawanâ€. Skripsi (Tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Jember.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasaan Emosional, Kecerdasaan Spiritual dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi.
(Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas di Ponegoro Semarang dan Universitas Gadja Mada Yogyakarta). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Rachmahana, Ratna Syifa’a. 2008. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan
Rumini, S. dkk. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.. El-tarbawj jurnal pendidikan islam. No. 1. Vol. 1. Hlm 99-114.
Soemarso. 2002. “Akuntansi Statu Pengantarâ€, Buku 1. Edisi Lima. Jakarta:Salemba Empat.
Suprianto, Edy dan Septian Harryoga. 2015. “Faktor-Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansiâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol XVIII No. 3. Desember, hlm 75-90. Universitas Islam Sultan Agung.
Supramono, Gatot. 2000. Hukum Acara Pengadilan anak, Djambatan, Jakarta.
Suryaningsum dkk, 2004. “Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswaâ€. SNA VII. Denpasar. Bali.
Setiawan dkk. 2015. “Pengaruh Kompotensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswaâ€. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol 1, No 1. Hlm 131-150. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung:Alfabeta.
_________2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sutrisno, Sugeng dan Linda Atik Rokhana. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNTAG Semarang)â€. Media Ekonomi dan Manajemen. Vol. 31. No 1. Januari, hlm. 26-38. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNTAG. Semarang
Suwardjono. 2004, Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, www.suwardjono.com. Diakses pada tanggal 29 Desember 2017.
Wahyu, Atika Mutia. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Di Kota Padang)â€.
Wahjudi, Eko dan Cornelia Kusuma Wardhani. “Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Pendidikan Akuntansi Unesa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasiâ€. Volume 01 Nomor 01. Hlm 1-6. Fakultas Ekonomi Universitas Negri Surabaya.
Widatik, Catur. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansiâ€. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 12 No. 1. Maret, hlm: 17 – 26. Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.
Zakiah, F. (2013). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerrdasan Spiritual terhadap tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2009 di universitas Jember)â€. Skripsi. Universitas Jember. Jember
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.