KESESUAIAN INSTRUMEN PERKULIAHAN INTENSIVE READING TERHADAP KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA

Authors

  • Sri Handayani
  • Luqman Alhakim

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian Instrumen perkuliahan Intensive Reading terhadap Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk program pendidikan bahasa Inggris di Universitas Slamet Riyadi. Jenis penelitian ini adalah content analysis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan metode pembelajaran yang relevan untuk perkuliahan Intensive Reading masih belum bervariasi karena dosen cenderung menggunakan metode ceramah, skimming, dan scanning, (2) dosen cenderung mengadopsi materi pembelajaran tidak otentik, yaitu buku cetak sehingga perlu menggunakan kedua bahan otentik dan otentik, (3) hasil belajar didasarkan pada kurikulum meskipun belum ditulis aspek afektif, (4) pengalaman belajar kurang bervariasi karena penggunaan ruang kelas sebagai tempat untuk memberikan kuliah. (5) struktur rencana pembelajaran semester (RPS) sudah memuat 9 kriteria minimal yang sudah dipenuhi oleh RPS mata kuliah Intensive Reading, dan (6) Substansi RPS mata kuliah Intensive Reading sudah mencakup seluruh standar yang disebutkan didalam Peraturan Presiden (PP) no 8 tahun 2012 tentang kerangka kualifikasi nasional Indonesia dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No 44 tahun 2015.
Kata Kunci: Mata Kuliah Intensive Reading, KKNI, Konten Analisis

References

Peraturan Presiden (PP) no 8 tahun 2012 tentang kerangka kualifikasi nasional Indonesia

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No 44 tahun 2015

Brown, H. D. 2010. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Grabe, William and Stoller, L. Fredericka. 2002. Teaching and Research Reading. London: Longman

Hariyanto. 2010. Macam-Macam Teori Belajar. http://belajarpsikologi.com/macam-macam-teori-belajar/

Karlina Hardiyana. 2015. Analisis BBM 1 tentang Prinsip-Prinsip Pengajaran Membaca. https://karlinahardiana.wordpress.com/2015/05/16/analisis-bbm-1-tentang-prinsip-prinsip-pengajaran-membaca/

Reading Techniques. 2016. http://campusconnect.infosys.com/homedownloads/BE_old/Readin g%20 Technique.pdf.

Sahandri, M., Ghorbani, M. R., & Saifuddin Kumar B. Abdullah (2009). The impact of electronic communication technology on written language. US-China Education Review Journal, 6(11), 25–79

Shavelson, R. and P. Stern. 1981. Research on teachers’ pedagogical thoughts, judgments, decisions and behavior. Review of Educational Research, 51, 4, 455–98.

Thomas, M. M. (2001). Proficient reader characteristics: Relationships among textdependent and higher-order literacy variables with reference to stage theories of intellectual development (Order No. 3010626). Available from ProQuest Dissertations & Theses Full Text. (304706119). Retrieved from http://search.proquest.com/docview/304706119?accountid=6143

Turkan, Sultan and Megan, Schramm-Possinger. 2014. Teaching Content to English Learners in the Era of the Common Core Standards. ETS Research & Development Educational Testing Service Rosedale Road, 19-T Princeton, NJ.

Downloads

Published

2020-01-11