STRATEGI DAN IMPLEMENTASI 7S MCKINSEY PENGELOLAAN PASAR RAKYAT (STUDI EMPIRIS DI DINAS PERDAGANGAN - KOTA SURAKARTA)

Authors

  • Achmad Choerudin

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2624

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah implementasi dan strategi manajemen menggunakan pendekatan analisis strategi sesuai konsep 7S-Mckinsey. Tujuannya untuk mengkaji dan mengetahui aspek-aspek yang berkaitan dengan transformasi serta manajemen perubahan yang dilakukan pengelola pasar rakyat. Penelitian ini adalah deskriptif yang memaparkan dan bertujuan memberikan gambaran serta penjelasan yang diteliti melalui survey. Analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah bahwa strategi dan implementasi di Dinas Perdagangan, menjalankan konsep 7S McKinsey dengan 7 komponen sebagai pilar bagi tegaknya OPD (organisasi perangkat daerah) telah dijalankan dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan serta regulasi yang ada, sesuai kewenangan OPD terkait, pilar kunci (7S McKinsey) harus dipelihara dengan prinsip countinous improvement yang dijalankan oleh pelaku organisasi dengan penuh tanggungjawab dan diterima sebagai “spirit organisasi†dalam OPD dan permasalahan yang muncul telah dilakukan solusi sesuai dengan implementasi 7S Mckinsey tersebut.
Keywords: strategi, implementasi, 7S McKinsey, pasar rakyat

Published

2019-01-12