ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR PADA KEUNGGULAN BERSAING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN UKM
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2603Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan bagian penting dalam pembangunan di Indonesia dan banyak bergerak di sektor informal.Surakarta sebagai salah satu kota besar, kegiatan ekonominya mengalami perkembangan yang pesat, termasuk pada sektor UKM. Perkembangan UKM yang bergerak di bidang kuliner di Surakarta terus mengalami peningkatan. Fokus dalam penelitian ini adalah UKM kue tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar pada keunggulan bersaing dan dampaknya terhadap peningkatan kinerja pemasaran. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 50 UKM kue tradisional di wilayah Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan path analysis. Berdasarkan analisis data dihasilkan: (1) orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, (2) orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, (3) keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, (4) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran.Kata-kata kunci: Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, UKM
Downloads
Published
2019-01-11
Issue
Section
Artikel
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.