ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR PADA KEUNGGULAN BERSAING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN UKM

Authors

  • Siti Almaidah

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2603

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan bagian penting dalam pembangunan di Indonesia dan banyak bergerak di sektor informal.Surakarta sebagai salah satu kota besar, kegiatan ekonominya mengalami perkembangan yang pesat, termasuk pada sektor UKM. Perkembangan UKM yang bergerak di bidang kuliner di Surakarta terus mengalami peningkatan. Fokus dalam penelitian ini adalah UKM kue tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar pada keunggulan bersaing dan dampaknya terhadap peningkatan kinerja pemasaran. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 50 UKM kue tradisional di wilayah Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan path analysis. Berdasarkan analisis data dihasilkan: (1) orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, (2) orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, (3) keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, (4) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran.
Kata-kata kunci: Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, UKM

Published

2019-01-11