EVALUASI PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PEMULA OLEH GURU DI PONDOK PENSANTREN AL-AMIEN PRENDUAN
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2602Abstract
Sejumlah besar penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa sangat pengaruhi oleh bagaimana guru melakukan tugas mereka terutama di ruang kelas.Penampilan mengajar mereka sangat tergantung pada sejumlah aspek dan apakah mereka terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar mereka atau tidak. Penelitian ini meneliti praktik pembelajaran profesional yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris Asing untuk pemula, khususnya mereka yang mengajar di Pesantren yang menyelenggarakan program Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Studi kasus digunakan dengan melibatkan empat Guru Bahasa Inggris dan Sekolah. Studiini mengungkapkan kesulitan mengajar guru, termasuk manajemen kelas yang terutama disebabkan oleh ukuran kelas dan kurangnya pengalaman dan otoritas untuk mengelola kelas; penekanan persiapan rencana pelajaran; dan memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris, yang mengakibatkan stres guru. Hal ini juga mengungkapkan bahwa pesantren ini belum menetapkan program TPD untuk guru dan guru EFL pemula, hal ini dimungkinkan karena tidak mendapatkan dukungan yang diperlukan dari sekolah dan guru senior meskipun ada pengawasan informal dari guru senior. Umpan balik dari para guru senior dan partisipasi dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh kementerian agama yang menghadiri pertemuan asosiasi guru bahasa Inggris biasa digunakan untuk meningkatkan profesionalisme mereka.Akhirnya, hambatan pembelajaran profesional guru EFL diasosiasikan dengan sikap mereka terhadap kebutuhan pembelajaran berkelanjutan dan program terbatas untuk meningkatkan kompetensi guru.
Kata kunci: Guru pemula, EFL, Pembelajaran Profesional, Pesantren
Downloads
Published
2019-01-11
Issue
Section
Artikel
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.