KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BAGAS WARAS KLATEN

Authors

  • Suwardi & Aris Tri Haryanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2598

Abstract

RSUD Bagas Waras adalah Rumah Sakit Umum Daerah di Klaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan rumah sakit. Penelitian ini terbatas pada layanan rawat jalan di Poli Umum. Bagian layanan yang diakses oleh pasien dalam memperoleh layanan meliputi: pendaftaran, keuangan, ruang tunggu, klinik, laboratorium, dan instalasi obat / farmasi. Pengukuran layanan mengadopsi pendapat Zeithaml, Berry dan Parasuraman (1984), yang terdiri dari: tangible, keandalan, responsif, jaminan, empati. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional.. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penarikan sampel dengan teknik sampling acak. Penilaian masyarakat terhadap enam komponen pelayanan rawat jalan RSUD Bagas tergolong kategori baik. Skor penilaian responden berjumlah 7.308 dengan skor rata-rata 3,05. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, RSUD, Poli Klinik umum

Published

2019-01-11