KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BAGAS WARAS KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2598Abstract
RSUD Bagas Waras adalah Rumah Sakit Umum Daerah di Klaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan rumah sakit. Penelitian ini terbatas pada layanan rawat jalan di Poli Umum. Bagian layanan yang diakses oleh pasien dalam memperoleh layanan meliputi: pendaftaran, keuangan, ruang tunggu, klinik, laboratorium, dan instalasi obat / farmasi. Pengukuran layanan mengadopsi pendapat Zeithaml, Berry dan Parasuraman (1984), yang terdiri dari: tangible, keandalan, responsif, jaminan, empati. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional.. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penarikan sampel dengan teknik sampling acak. Penilaian masyarakat terhadap enam komponen pelayanan rawat jalan RSUD Bagas tergolong kategori baik. Skor penilaian responden berjumlah 7.308 dengan skor rata-rata 3,05. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, RSUD, Poli Klinik umumDownloads
Published
2019-01-11
Issue
Section
Artikel
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.