PENERAPAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENCIPTAKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA PT. PLN (PERSERO) AREA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2583Abstract
Substansi keberadaan CSR dalam suatu perusahaan adalah dalam rangka memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri di sebuah kawasan, dengan jalan membangun kerjasama antar stakeholders yang difasilitasi perusahaan tersebut dengan menyusun program-program pengembangan masyarakat sekitarnya. Atau dalam pengertian kemampuan perusahaan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya, komunitas dan stakeholder yang terkait dengannya, baik lokal,nasional, maupun global, karenanya pengembangan CSR perlu mengacu pada konsep pembangunan yang berkelanjutan (sustainability development). Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui Program CSR PT PLN Area Surakarta dalam
membangun Good Corporate Governance serta pelaksanaan program Corporate
Sosial Responsibility yang dikelola oleh Tim CSR PT PLN Area Surakarta sesuai
dengan kebutuhan masyarakat sebagai target sasaran. Konsep dan pengertian
Good Corporate Governance yang dipergunakan sebagai alat analisis adalah
mengacu pada definisi Cadbury Commite dan Pedoman GCG yang disusun oleh
Komite Nasional Kebijakan Corporate Governanace. Dalam penelitian ini,
penulis berusaha mengetahui lebih mendalam mengenai Program Kemitraan,
yaitu Community Relation , Community Services , Community Empowering dan Pelestarian
alam sebagai fungsi CSR yang dilaksanakan oleh PT PLN Area Surakarta. Metode yang
dipergunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian kualitatif yang
memaparkan secara lebih rinci mengenai kondisi yang terjadi, dengan
mempergunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Tim CSR merupakan pelaksana CSR, mulai dari
menganalisa proposal permohonan yang masuk, melakukan survei, membuat
perjanjian kontrak, menyerahkan bantuan, dan kemudian memberikan
pendampingan atau pembinaan terkait dengan penerima CSR. Dalam hal ini Tim
CSR berperan sebagai Fasilitator, yaitu sebagai penghubung atau mediator antara
publik penerima CSR dan perusahaan sebagai pelaksana. Dengan terlaksananya
Program CSR tersebut sangat berpengaruh pada aspek sosial, karena adanya
kepedulian, yang diharapkan adanya kesinambungan program, yang akibatnya
timbul kepercayaan masyarakat. Bagi PT PLN area Surakarta, dengan
menjalankan GCG telah merasakan besarnya manfaat yang bisa di ambil setelah
menjalankan konsep tersebut secara konsisten, selain kinerja yang juga terus
membaik.
Kata Kunci: CSR (Corporate Social Responsibility), GCG (Good Corporate
Governance), Masyarakat Binaan.
Downloads
Published
2019-01-11
Issue
Section
Artikel
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.