PENGARUH ATRIBUTES IMAGE RESTORAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN NIAT BERPERILAKU (Survei Pada Konsumen Violet Resto Solo)
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2582Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh restaurant image terhadap kepuasan konsumen; dan menganalisis kepuasan konsumen sebagai mediasi pengarug restaurant image terhadap niat berperilaku. Penelitian ini merupakan survei. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah konsumen Violet Resto Solo. Sampel ditentukan sebanyak 115 responden dengan metode convenience sampling, yaitu konsumen yang melakukan pembelian di Violet Resto Solo. Pengujian validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program Amos. Temuan penelitian menunjukkan bahwa restaurant image berpengaruh terhadap kepuasan konsumen; dan kepuasan konsumen memediasi pengaruh restaurant image terhadap behavioral intentions. Implikasi penelitian hendaknya Violet Resto perlu mengkombinasikan atribut-atribut penting yang dapat membentuk image restoran yang baik yaitu lingkungan fisik, kualitas makanan dan kualitas pelayanan sehingga kepuasan konsumen dapat diperoleh, dimana kepuasan akan mempengaruhi behavioral intentions.Kata kunci: restaurant image, kepuasan konsumen, niat berperilaku
Downloads
Published
2019-01-11
Issue
Section
Artikel
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.