STRATEGI EKONOMI KREATIF UNTUK MENGEMBANGKAN UMKM (SURVEY PADA PENGUSAHA WEDANGAN KAFE DI SURAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2577Abstract
Ekonomi kreatif usaha wedangan kafe di Surakarta amat penting untuk dikembangkan karena kontribusinya dalam menggerakkan perekonomian daerah sangat besar. Kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha diantaranya modal dan omzet penjualan, sehingga pencapaian laba bersih belum optimal. Salah satu strategi untuk mendorong perkembangan ekonomi kreatif dalam bisnis wedangan kafe di Surakarta adalah meningkatkan biaya pemasaran, agar diperoleh pencapaian laba yang maksimum. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh modal, omzet penjualan dan biaya pemasaran terhadap hasil ekonomi kreatif yang diukur dari pencapaian laba bersih. Penelitian ini mengambil sampel 66 pengusaha wedangan kafe di Surakarta dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan Uji Selisih Mutlak. Kesimpulan dari hasil pengujian hipotesis (1) omzet penjualan dan biaya pemasaran berpengaruh signifikan terhadap hasil ekonomi kreatif, sedangkan modal tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap hasil ekonomi kreatif. (2) Biaya pemasaran dapat memoderasi yang memperkuat pengaruh modal terhadap hasil ekonomi kreatif. (3) Biaya pemasaran dapat memoderasi yang memperkuat pengaruh omzet penjualan terhadap hasil ekonomi kreatif.Kata kunci: modal, omzet penjualan, biaya pemasaran, hasil ekonomi kreatif.
Downloads
Published
2019-01-11
Issue
Section
Artikel
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.