STRATEGI EKONOMI KREATIF UNTUK MENGEMBANGKAN UMKM (SURVEY PADA PENGUSAHA WEDANGAN KAFE DI SURAKARTA)

Authors

  • Suprihatmi SW & Retno Susanti

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2577

Abstract

Ekonomi kreatif usaha wedangan kafe di Surakarta amat penting untuk dikembangkan karena kontribusinya dalam menggerakkan perekonomian daerah sangat besar. Kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha diantaranya modal dan omzet penjualan, sehingga pencapaian laba bersih belum optimal. Salah satu strategi untuk mendorong perkembangan ekonomi kreatif dalam bisnis wedangan kafe di Surakarta adalah meningkatkan biaya pemasaran, agar diperoleh pencapaian laba yang maksimum. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh modal, omzet penjualan dan biaya pemasaran terhadap hasil ekonomi kreatif yang diukur dari pencapaian laba bersih. Penelitian ini mengambil sampel 66 pengusaha wedangan kafe di Surakarta dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan Uji Selisih Mutlak. Kesimpulan dari hasil pengujian hipotesis (1) omzet penjualan dan biaya pemasaran berpengaruh signifikan terhadap hasil ekonomi kreatif, sedangkan modal tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap hasil ekonomi kreatif. (2) Biaya pemasaran dapat memoderasi yang memperkuat pengaruh modal terhadap hasil ekonomi kreatif. (3) Biaya pemasaran dapat memoderasi yang memperkuat pengaruh omzet penjualan terhadap hasil ekonomi kreatif.
Kata kunci: modal, omzet penjualan, biaya pemasaran, hasil ekonomi kreatif.

Published

2019-01-11