FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL WILAYAH KABUPATEN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2565Abstract
Pasar tradisional di wilayah Kabupaten Sukoharjo banyak yang tidak digunakan oleh penyewanya untuk berjualan, karena sepi pengunjung yang mau berbelanja. Penelitian ini untuk melihat apakah faktor-faktor resiko, kepercayaan sosial, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi reputasi, dan kepercayaan, mempengaruhi kesediaan berbelanja di pasar tradisional. Populasi dan sampel penelitian adalah masyarakat di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan AMOS. Responden penelitian 150 responden. Penelitian ini melibatkan mahasiswa dalam pengumpulan data maupun dalam proses pelaksanaan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persespi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko, persepsi kepercayaan sosial, persepsi reputasi, tidak berpengaruh positif terhadap kesediaan berbelanja di pasar tradisional. Sikap konsumen berpengaruh positif terhadap kesediaan berbelanja di pasar tradisional. Persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan sosial. Persepsi kepercayaan sosial berpengaruh positif terhadap persepsi reputasi. Persepsi manfaat tidak berpengaruh positif terhadap persepsi reputasi. Persepsi reputasi tidak berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan. Persepsi kepercayaan sosial tidak berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan. Persepsi kepercayaan berpengaruh positif terhadap sikap konsumen pada pasar tradisional.Kata kunci: pasar, belanja, masyarakat
Downloads
Published
2019-01-11
Issue
Section
Artikel
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.