ANALISIS KEBUTUHAN ANAK USIA DINI USIA 4-6 TAHUN PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER ANAK USIA DINI

Authors

  • Feri Faila Sufa & Heri Yuli Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis komputer pada anak usia
dini di TK Surakarta, materi apa yang dapat diajarkan pada pembelajaran berbasis komputer
pada anak usia 4-6 tahun dan standar kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaran
berbasis komputer anak usia dini sehingga dapat menjadi sarana penunjang aspek-aspek
perkembangan anak usia dini.
Penelitian ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam
penelitian ini adalah anak-anak Taman kanak-kanak umur 4-6 tahun di Surakarta pada
sekolah yang memberikan pembelajran berbasis teknologi komputer. Teknik pengumpulan
data mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan pada saat
pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer.
Hasil dari penelitiana menunjukkan bahwa dalam pembelejaran berbasis komputer aspek
perkembangan moral, motorik, bahasa, kognitif, seni, sosial emosi anak dapat
dikembangkan. Materi pembelajaran berhubungan dengan keaksaraan atau bahasa, social,
matematika dan sains.
Kata Kunci : Pembelajaran berbasis Komputer, Standar Kompetensi, Anak Usia Dini

Published

2017-05-09