EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EDMODO TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PG-PAUD UNISRI TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Authors

  • Oka Irmade & Paulus Widjanarko

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1541

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan sikap kemandirian belajar
mahasiswa antara sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran melalui Edmodo, (2)
untuk mengetahui seberapa efektifnya penggunaan Edmodo terhadap sikap kemandirian
belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Dalam
penelitian ini menggunakan desain pretes-postes satu kelompok (One Group Pretes Postes
Design). Sampel Penelitian dengan populasi seluruh mahasiswa PG-PAUD UNISRI tahun
Akademik 2016/2017 sebanyak 30 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah total sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari observasi dan angket. Uji validitas data menggunakan validitas
konstruk. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji t, dan uji N-gain. Hasil dalam
penelitian ini adalah ada perbedaan sikap kemandirian belajar mahasiswa PG-PAUD
UNISRI antara sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran dengan Edmodo sesuai
dari perhitungan nilai ”t” adalah sebesar – 43,081 dengan sig (2-tailed) sebesar 0,000
yang nilainya kurang dari 0,05. Hasil perhitungan efektifitas menggunakan rumus N-gain
yaitu sebesar 0,719 yang artinya keefektifan dari penggunaan edmodo dalam peningkatan
sikap kemandirian belajar pada kriteria tinggi.
Kata Kunci : Sikap Kemandirian Belajar, Edmodo

PlumX Metrics

Published

2017-05-09