Analisis Persepsi Nasabah terhadap Atribut Citra Bank Solo dan Pengaruhnya Pada Kepercayaan

Authors

  • D. Ririn Indriastuti & Ernawati

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut-atribut citra bank
terdiri dari kualitas pelayanan, variasi produk, tingkat bunga, promosi, dan reputasi
terhadap kepercayaan nasabah. Objek penelitian ini Bank Solo dengan menggunakan
sampel 100 responden yang diambil dengan teknik convenience sampling. Pengumpulan
data menggunakan teknik kuesioner, teknik analisis data menggunakan analisis regresi
linier berganda. Kesimpulan dari hasil pengujian setiap hipotesis menunjukkan bahwa (1)
kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah, berarti
hipotesis 1 diterima. (2) Variasi produk berpengaruh tidak signfikan terhadap
kepercayaan nasabah, berarti hipotesis 2 ditolak. (3) Tingkat bunga berpengaruh
signfikan terhadap kepercayaan nasabah, berarti hipotesis 3 diterima. (4) Promosi
berpengaruh tidak signfikan terhadap kepercayaan nasabah, berarti hipotesis 4 ditolak. (5)
Reputasi berpengaruh signfikan terhadap kepercayaan nasabah , berarti hipotesis 5
diterima. Dari kelima aribut bank Solo yang paling berpengaruh terhadap kepercayaan
nasabah adalah reputasi bank, ditunjukkan dengan p value 0,018.
Kata kunci : citra bank, kualitas pelayanan, variasi produk, tingkat bunga, promosi,
reputasi, kepercayaan nasabah

PlumX Metrics

Published

2017-05-09