BULLYING BEHAVIOR IN STUDENTS OF SMA N 2 KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v9i2.8158Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih tingginya perilaku bullying pada siswa SMA N 2 Kendal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku bullying pada siswa SMA N 2 Kendal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA N 2 Kendal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 18 siswa yang mengalami perilaku bullying. Pengambilan data dengan menggunakan skala perilaku bullying. Teknik analisis data dengan menggunakan rata-rata perilaku bullying. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa perhitungan perilaku bullying bahwa dari 160 siswa kelas XI yang menjadi responden dalam penelitian ini, subjek dengan kategori yang masih belum bisa mengatasi masalah adanya nilai rata-rata jenis bullying pada siswa kelas XI SMA N 2 Kendal diperoleh siswa yang masih belum bisa mengatasi adanya bullying fisik sebesar 4 orang atau 2,656%, bullying verbal sebesar 5 orang atau 3,177%, bullying emosional sebesar 5 orang atau 2,899%, dan cyber bullying sebesar 6 orang atau 3,527%. aran bagi pihak sekolah dapat memberikan penanganan yang tepat terhadap perilaku bullying berdasarkan permasalahan yang ada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M M ATHA RIFANDI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.