PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BEHAVIORISTIK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Kurniawan Ade Erwanto Universitas Slamet riyadi

Abstrak

Abstrak: Tulisan ini dimaksudkan dalam rangka memperoleh informasi peran layanan bimbingan kelompok teknik behavioristik dalam meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas VIII, MTs Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penelitian telah dilaksanakan di MTs N 2 Surakarta dengan subjek penelitian ini adalah pelajar kelas VIII. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Pengumpulan data penelitian dengan teknik dokumentasi, teknik wawancara dan teknik observasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif komparatif, yakni membandingkan rasa percaya diri antar Kualitatif.

Berdasar pada temuan bahwa peran layanan bimbingan kelompok teknik behavioristik dapat meningkatkan rasa percaya diri pada siswa yang diobservasi, rasa percaya diri sebelum diberi bimbingan kelompok teknik benavioristik, terlihat bahwa siswa masih egois, mementingkan diri sendiri, siswa secara berlebihan memerlukan dukungan orang lain, bersikap pesimis dan kurang ceria, risau dengan dirinya sendiri di hadapan orang lain, dan siswa tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Setelah diberi bimbingan kelompok siswa mempunyai peningkatan rasa percaya diri yang ditunjukkan dengan siswa tidak lagi egois dan dapat bekerja sama dengan teman-temannya, tanpa perlu dukungan orang lain secara berlebihan siswa dapat mandiri, bersikap optimis dan gembira, yakin dengan dirinya sendiri di hadapan orang lain, dan siswa yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Masih terdapat dua siswa yang rasa percaya dirinya belum maksimal, hal ini dapat dimaklumi karena ada faktor-faktor yang berpengaruh terhadap rasa percaya diri, yakni Faktor Internal, yang mencakup konsep diri siswa, kondisi fisik siswa, pengalaman pribadi, pendidikan yang dimiliki, sedangkan faktor eksternal, meliputi: kondisi orang tua, lingkungan sekolah, dan pergaulan teman sebaya. Dilihat dari rasa percaya diri dari kedua siswa lewat bimbingan kelompok teknik behavioristik menunjukkan peningkatan yang signifikan.

 

Kata kunci : bimbingan kelompok. teknik behavioristik,rasa percaya diri.

 

 

 

PlumX Metrics

Diterbitkan

2024-02-08