Pengaruh Polah Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Wiradesa Pekalongan

Penulis

  • ghulam fariqy Fariqy Universitas pgri

Abstrak

Ghulam Fariqy. NPM 17110099. “Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada usia remaja orang tua kurang memberikan perhatian terhadap perkembangan belajar yang dialami siswa. Orang tua jarang menanyakan perkembangan belajar yang dialami siswa di sekolah karena sebagian sibuk bekerja, dan sebagian lainnya menganggap bahwa siswa tersebut sudah dewasa sehingga tidak membutuhkan arahan dan bimbingan dari orang tua lagi.

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pola asuh orangtua terhadap motivasi dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. penelitian yang bersifat ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Wiradesa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket siswa.

Berdasarkan perhitungan uji regresi yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai thitung = 3.545 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, maka H0 diterima, berarti ada pengaruh nyata (signifikan) variabel trust (X) terhadap variabel partisipasi (Y). Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis yang berbunyi “Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orangtua terhadap motivasi dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa tahun ajaran 2021/2022” dapat diterima kebenarannya.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru dan orang tua harus selalu berkoordinasi tentang kegiatan dan aktivitas anak di sekolah maupun di rumah guna memantau bagaimana hasil yang diperoleh anak serta orang tua dapat menerapkan pola asuh yang tepat sehingga antara sikap dan hasil belajar anak dapat menjadi lebih baik.

 

Kata Kunci: Pola asuh, Orangtua, Motivasi

PlumX Metrics

Diterbitkan

2024-02-08