HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN PERILAKU KECANDUAN GAME ONLINE DIMASA PANDEMI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK TUNAS HARAPAN 2 MONDOKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • PEBRI SETIAWAN universitas slamet riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Ada Tidaknya Hubungan Self Control dengan Perilaku Kecanduan Game Online Dimasa Pandemi Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Tunas Harapan 2 Mondokan Tahun Pelajaran 2020/ 2021”. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Tunas Harapan Mondokan Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 140 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data dan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data  kegiatan selama penelitian dan data pendukung lainya. Teknik analisis data dengan rumus rxy.Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti dengan rxy dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada Hubungan Self Control dengan Perilaku Kecanduan Game Online Dimasa Pandemi Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Tunas Harapan 2 Mondokan Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Ini dibuktikan dengan r hitung = 0,271, selanjutnya nilai r hitung tersebut di konsultasikan dengan product moment dengan N= 140 pada taraf signifikansi 5% = 0,152. Jadi dapat disimpulkan r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,271 >0,152. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi  “Hubungan Self Control dengan Perilaku Kecanduan Game Online Dimasa Pandemi Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Tunas Harapan 2 Mondokan Tahun Pelajaran 2020/ 2021” terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.

Kata kunci : Self control, Kecanduan Game Online.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-02-08 — Updated on 2024-02-08

Versions