PERAN GURU BK DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA-SISWI MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas XI Program Studi Pariwisata di SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021) Oleh

Authors

  • Nisa Fadillah Dwi Arumsari Universitas Slamet Riyadi
  • AR Koesdyantho Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mempersiapkan siswa-siswi kelas XI Program Studi Pariwisata untuk menghadapi kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Karanganyar  Tahun Pelajaran 2020/2021.

Bentuk penelitian ini kualitatif dengan metode diskriptif kualitatif.  Sumber data berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Subyek penelitian terdiri guru BK, siswa-siswi kelas XI program studi pariwisata,dan Wakil  Kepala Sekolah. Obyeknya adalah peran guru BK dalam mempersiapkan siswa-siswa menghadapi kurikulum Merdeka Belajar. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data mengunakan analisis interaktive (interactive model of analysis).

Hasil penelitian menunjukkan peran Guru BK Guru SMK Negeri 1 Karanganyar dalam mempersiapkan siswa-siswi menghadapi kurikulum Merdeka Belajar, antara lain: 1) berperan mengembangkan potensi siswa, 2) berperan membantu siswa mengambil keputusan arah studi lanjutan yang tepat; 3) berperan mengenalkan dunia dan masa depan siswa; 4) berperan memberikan layanan informasi; dan 5) berperan mensosialisasikan kurikulum kepada siswa. Pelaksanaan bimbingan dan konseling juga memiliki peran penting terhadap kebutuhan masa depan siswa. Peran tersebut adalah dalam upaya membantu siswa untuk bisa mengetahui, memahami bahkan mengembangkan potensi dirinya berupa bakat, minat dan kemampuan yang bisa menjadi prestasi bagi dirinya dan bermanfaat untuk kepentingan masa depannya, maka bimbingan dan konseling diharapkan bisa lebih membantu siswa untuk melakukan pemahaman diri, melakukan latihan keterampilan diri agar lebih mengembangkan kemampuannya.

Kata kunci : Peran Guru BK, Kurikulum Merdeka Belajar.

References

Lexy J. Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

http://www.kemendikbud.go.id

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-04