PERAN GURU BK DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA-SISWI MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas XI Program Studi Pariwisata di SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021) Oleh
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v7i2.6388Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mempersiapkan siswa-siswi kelas XI Program Studi Pariwisata untuk menghadapi kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021.
Bentuk penelitian ini kualitatif dengan metode diskriptif kualitatif. Sumber data berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Subyek penelitian terdiri guru BK, siswa-siswi kelas XI program studi pariwisata,dan Wakil Kepala Sekolah. Obyeknya adalah peran guru BK dalam mempersiapkan siswa-siswa menghadapi kurikulum Merdeka Belajar. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data mengunakan analisis interaktive (interactive model of analysis).
Hasil penelitian menunjukkan peran Guru BK Guru SMK Negeri 1 Karanganyar dalam mempersiapkan siswa-siswi menghadapi kurikulum Merdeka Belajar, antara lain: 1) berperan mengembangkan potensi siswa, 2) berperan membantu siswa mengambil keputusan arah studi lanjutan yang tepat; 3) berperan mengenalkan dunia dan masa depan siswa; 4) berperan memberikan layanan informasi; dan 5) berperan mensosialisasikan kurikulum kepada siswa. Pelaksanaan bimbingan dan konseling juga memiliki peran penting terhadap kebutuhan masa depan siswa. Peran tersebut adalah dalam upaya membantu siswa untuk bisa mengetahui, memahami bahkan mengembangkan potensi dirinya berupa bakat, minat dan kemampuan yang bisa menjadi prestasi bagi dirinya dan bermanfaat untuk kepentingan masa depannya, maka bimbingan dan konseling diharapkan bisa lebih membantu siswa untuk melakukan pemahaman diri, melakukan latihan keterampilan diri agar lebih mengembangkan kemampuannya.
Kata kunci : Peran Guru BK, Kurikulum Merdeka Belajar.
References
Lexy J. Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nisa Fadillah Dwi Arumsari, AR Koesdyantho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.