Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Di SMPN 3 Pademawu Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v7i1.5796Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti ketika melaksanakan wawancara kepada guru BK yang ada di SMPN 3 Pademawu. Menurutnya, permasalahan yang rentan dialami siswa di sana adalah ketidakmampuan berpikir positif mengenai permasalahan yang berkaitan dengan sekolah. seperti tidak mengerjakan PR, atribut tidak lengkap, terlambat sekolah, tidak menghadiri ekstrakurikuler dan lain-lain. Sikap seperti itu muncul karena kebanyakan dari mereka memiliki pemikiran yaitu mereka bersekolah yang penting lulus dan banyak dari mereka setelah itu tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.Permasalahan yang terjadi karena pikiran salah satu alternatifnya yaitu menggunakan teknik reframing, sehingga judul dalam penelitian ini adalah “Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan “.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan teknik reframing dalam meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian design pre experimental bentuk rancangan one group pre test-post test yaitu pengukuran diawal dan diakhir. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang. Dengan menggunakan anilisis non parametrik uji Wilcoxon, hasil analisis signifikansi dalam penelitian ini yaitu diperoleh nilai asymp sig 0,027 ˂ 0,05. Sehingga dalam penelitian ini Hipotesis diterima yaitu konseling kelompok dengan teknik reframing efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Reframing, Kemampuan Berpikir PositifReferences
Elfiky, Ibrahim. 2009. Terapi Berpikir Positif. Jakarta : PT Ikrar Mandiri Abadi
Monica, n. G. 2019. Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Rasional Emotive Behavior Therapy (rebt) untuk Meningkatkan Self-regulation pada Peserta Didik dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)
Nursalim, Mochamad. 2013. Strategi dan Interverensi Konseling. Jakarta : Permata Puri Media
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Refanthira, N. 2021. Teknik Reframing untuk mengurangi pemikiran negatif pada wanita depresi dengan gejala psikotik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Schwartz, David J. 2007. Berpikir dan Berjiwa Besar. Batam : Binarupa Aksara
Siswanto. 2015. Filsafat dan Pemikiran Pendidikan Islam. Surabaya : Cv. Salsabila Putra Pratama
Soedarmadji, Boy dan Sutijono. 2005. Model-Model Konseling. Surabaya : University Press UNIPA.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Utamaya, Erlina Latifah dkk. 2013. Penerapan Konseling Kelompok dengan Strategi Reframing untuk Meningkatkan Motivasi siswa Mengikuti Pelajaran di Kelas.Jurnal Bimbingan dan Konseling.01(01)(2013).
Waluya, B. 2007. Sosiologi: Menyelami fenomena sosial di masyarakat. PT Grafindo Media Pratama.
Warsidi, Edi. 2010. Membaca Pikiran Orang Lain Sejelas Membaca Buku. Jakarta : PT Buku Kita
Willis, Sofyan S. 2017. Konseling Individu Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta
Yuwanto, Listo. 2019. Metode Penelitian Eksperimen edisi 2. Yogyakarta : Graha Ilmu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.