Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v7i1.5791Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi dengan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2019/2020.
     Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS di SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 96 siswa. Sedangkan siswa yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X IPS SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020, sehingga teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling. Untuk uji coba angket menggunakan siswa kelas X IPS di SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa yang bukan merupakan responden penelitian. Untuk pengumpulan data, digunakan dua metode yaitu metode pokok dan metode bantu. Metode pokok yang digunakan adalah angket, sedangkan metode bantu menggunakan dokumentasi dan observasi. Setelah itu, untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test.
     Berdasarkan hasil analisis data tentang “Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020â€, diperoleh diperoleh thitung sebesar = 12,777. Kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada d.b = N – 1 (30-1) = 29, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikansi 1% = 2,756 dan 5% = 2,045. Maka nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 2,756 < 12,777 > 2,045. Dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa “Ada Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 1% dan 5%.
Â
Kata kunci : Layanan Informasi, Media Audiovisual, Motivasi Belajar Siswa.
References
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Elex Media Komputindo.
___________. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Fitri Dwi Anjani. 2016. Pengaruh Layanan Informasi Bidang Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mlati Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta : Universitas PGRI Yogyakarta.
Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Demgan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Hamzah B. Uno. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Informasi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya.
Lilik Sriyanti. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta : Ombak Dua
Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Prayitno, Ermani Amti. 2018. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.
Sadirman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Slamet Riyad. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan & Konseling Untuk Siswa SMP – Mts. Yogyakarta : Paramitra
Sobry Sutikno. 2012. Manajemen Pendidikan. Lombok : Holistica
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandug: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
_________________. 2018. Dasar – dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : GP Press Group.
Zainal Aqib & Ikhtisar. 2012. Bimbingan & Konseling di Sekolah. Bandung : Yrama Widya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.