Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar

Authors

  • Hapsari Budiningrum Universitas Slamet Riyadi
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas Slamet Riyadi University

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v7i1.5791

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi dengan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2019/2020.

      Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS di SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 96 siswa. Sedangkan siswa yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X IPS SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020, sehingga teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling. Untuk uji coba angket menggunakan siswa kelas X IPS di SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa yang bukan merupakan responden penelitian. Untuk pengumpulan data, digunakan dua metode yaitu metode pokok dan metode bantu. Metode pokok yang digunakan adalah angket, sedangkan metode bantu menggunakan dokumentasi dan observasi. Setelah itu, untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test.

      Berdasarkan hasil analisis data tentang “Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020â€, diperoleh diperoleh thitung sebesar = 12,777. Kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada d.b = N – 1 (30-1) = 29, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikansi 1% = 2,756 dan 5% = 2,045. Maka nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 2,756 < 12,777 > 2,045. Dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa “Ada Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 1% dan 5%.

 

Kata kunci : Layanan Informasi, Media Audiovisual, Motivasi Belajar Siswa.

References

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Elex Media Komputindo.

___________. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Fitri Dwi Anjani. 2016. Pengaruh Layanan Informasi Bidang Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mlati Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta : Universitas PGRI Yogyakarta.

Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Demgan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hamzah B. Uno. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Informasi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya.

Lilik Sriyanti. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta : Ombak Dua

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Prayitno, Ermani Amti. 2018. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Sadirman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Slamet Riyad. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan & Konseling Untuk Siswa SMP – Mts. Yogyakarta : Paramitra

Sobry Sutikno. 2012. Manajemen Pendidikan. Lombok : Holistica

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandug: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

_________________. 2018. Dasar – dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : GP Press Group.

Zainal Aqib & Ikhtisar. 2012. Bimbingan & Konseling di Sekolah. Bandung : Yrama Widya.

Published

2021-07-09