Efektivitas Penggunaan Konseling Individu dengan Pendekatan Behavior dalam Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Belajar pada Anak Bungsu di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v7i2.5411Abstract
Christina Arum Mardani, 17500031. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA ANAK BUNGSU DI KELURAHAN SUMBER, KECAMATAN BANJARSARI TAHUN 2021. Skripsi, Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Februari 2021. Tujuan dari penelitian yang dituliskan ini adalah untuk mengetahui bagaimana konseling individu dengan pendekatan behavior efektif dalam meningkatkan sikap tanggung jawab belajar anak bungsu di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari tahun 2021. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta tahun 2021. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 2 anak bungsu sebagai subjek dan beberapa orang lainnya atau narasumber. Sedangkan objek penelitian ini adalah Sikap Tanggung Jawab Belajar pada Anak Bungsu. Berdasarkan hasil dari wawancara dan observasi sekaligus doumentasi dapat di ketahui bahwa dengan menggunakan Konseling Individu pendekatan behavior yaitu dengan menghilangkan perilaku negatif dan memberi apresiasi apabila sikap tanggung jawab belajarnya sudah mulai nampak. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan Pendekatan Behavior cukup Efektif dalam meningkatkan sikap tanggung jawab belajar pada anak bungsu. Kata Kunci : Konseling Individu, Pendekatan Behavior, Sikap Tanggung JawabReferences
Albi dan Johan.2018. metodologi penelitian Kualitatif.CV jejak:Jawa Barat
Atika Mumpuni. 2018.Integritas Nilai Karakter dalam buku Pelajaran.CV Budi Utama:Sleman,Yogyakarta
Fitrah dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus). CV Jejak : Sukabumi, Jawa Barat
Gantina, Eka dan Karsih. 2011. Asesment Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif.
Hartini dan Dian, 2016. Psikologi Konseling Perkembangan dan Penerapan Konseling dalam Psikologi. Pusat Penerbitan dan Percetakan (AUP) : Surabaya
Helmawati.2016.Pendidikan Keluarga. PT Remaja Rosdakarya Offset:Bandung.
Lutfri, dkk, 2020. Metodologi pembelajaran : strategi, pendekatan, model, metode, pembelajaran. CV IRDHI: Malang
Namora. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. PT Kharisma Putra Utama:Jakarta
Satori dan Komariah .2017. Metodologi Penelitian Kualitatif.Alfabeta : Bandung
Slameto.2010.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.PT.Asdi Mahasatya:Jakarta.
Subagyo. 2014. Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif. Yayasan Kalam Hidup : Bandung
Zubaedi. 2011.Desain Pendidikan Karakter.Kencana:Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Christina Arum Mardani, Lydia Ersta Kusumaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.