PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MANAJEMEN EMOSI DALAM BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019)”.

Authors

  • heny tri palupi universitas slamet riyadi
  • A. Roedy Koesdyantho universitas slamet riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v6i2.4606

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah pada peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan yang berjumlah 60 peserta didik dan keseluruhannya digunakan sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah adalah 99,55 sedangkan rata-rata postest manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah adalah 107,46 Dengan demikian ada pengaruh layanan informasi terhadap manajemen emosi dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah pada peserta didik kelas VII SMP Islam Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019â€, yang ditunjukan dengan nilai t hitung 11,135 > 2,001 pada taraf signifikansi 5%.

References

Abdullah Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan (Individu, Masyarakat dan Pendidikan), Jakarta:

Ari Saputra. 2014. Pengaruh Layanan Informasi Pemahaman Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas Xi Sma Tahun Ajaran 2014/2015. FKIP. Universitas Tanjungpura Pontianak. Skripsi

Carole Wade & Carol Tavris. 2008. Psikologi (Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Geldard, K. and Geldard, D. 2010. Konseling Remaja (Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo, & Satria M.A. Koni. 2012. Menjadi

Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara.

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers

Saifuddin Azwar. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siti Maspuroh. 2017. Pengaruh Layanan Informasi Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas VIII DI MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2017/2018. Fakultas Tarbiyah : Universitas Islam Negeri Raden Intan. Skripsi.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2010. Pengantar Program Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Tohirin. 2007. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Uma Sekaran. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4. Jakarta: Selemba Empat.

Yusuf Syamsul dan Juntika Nurihsan. 2012. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zarina Akbar dan Tina Afiatin. 2009. Pelatihan Manajemen Emosi Sebagai Program Pemulihan Depresi pada Remaja Korban Gempa Bumi. Yogyakarta:

Jurnal Intervensi Psikologi.

Downloads

Published

2020-12-02

Issue

Section

Artikel