PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN HUBUNGAN SOSIAL (Penelitian Pada Ssiwa Kelas X IPS MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019)

Authors

  • aulia purdyanti Universitas Slamet Riyadi
  • A. Roedy Koesdyantho Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v6i2.4605

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan teknik sosiodrama terhadap peningkatan hubungan sosial pada siswa terisolir kelas X IPS MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 181 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dengan tingkat hubungan sosial rendah yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 5 siswa kelas X IPS 2, 7 siswa kelas X IPS 3, 16 siswa kelas X IPS 4, dan 4 siswa kelas X IPS 5. Teknik sampling dalam penelitian ini ialah purposive sampling, yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dengan 3 kali treatment. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui tingkat hubungan sosial siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan. Wawancara digunakan untuk mengetahui sejauh mana peran layanan terhadap peningkatan hubungan sosial siswa. Observasi digunakan untuk mengetahui hubungan sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jalannya kegiatan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparasi dengan rumus ttes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t sebesar 2,862. Selanjutnya ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” nilai tersebut di konsultasikan dengan dengan d.b = (N-1) = (32-1) = 31 pada taraf signifikansi 5% = 2,042. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” = 2,862 lebih besar dari ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ pada taraf signifikansi 5% = 2,042. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh teknik sosiodrama terhadap peningkatan hubungan sosial siswa kelas X IPS MAN 1 Surakarta dengan tingkat hubungan sosial rendah tahun pelajaran 2018/2019†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: Layanan Informasi, Teknik Sosiodrama, Hubungan Sosial

References

Bambang Prasetyo & Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gantina Komalasari, Eka Wahyuni, & Karsih. 2011. Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif.

Yogyakarta: Indeks.

Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-12-02

Issue

Section

Artikel