HUBUNGAN ANTARA LITERASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019.
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i2.4604Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial siswa di sekolah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan sebagai pengamatan dasar sebelum dilakukan penelitian, metode angket digunakan untuk pengumpulan data tentang literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data selama kegiatan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 35 siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk menganalisis data digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistic menunjukkan bahwa sebesar 0,534.Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan dengan N = 35 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,334. Sehingga lebih besar dari atau 0,534>0,334. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “ada hubungan antara literasi penggunaan gadget dengan sikap sosial siswa di sekolah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 6 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019†diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci : Literasi Penggunaan Gadget, Sikap Sosial SiswaReferences
Burhan Bungin. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Deni Dermawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
I’anatut Thoifah. 2015. Statitiska Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif.
Malang: Cita Intrans Selaras.
Nyi Mas Diane. 2017. Didiklah Anak Sesuai Zamannya
(Mengoptimalkan Potensi Anak di Era Digital. Jakarta: PT.Visimedia.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung:CV.Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta:PT.RinekaCipta.
Downloads
Published
2020-12-02
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.