PENGARUH LAYANAN ORIENTASI TENTANG MENEJEMEN DIRI TERHADAP KONSENTRASI DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X TOKR 1 DI SMK NEGERI 1 MIRI TAHUN 2018/2019

Authors

  • yurian kanza khusnia Universitas Slamet Riyadi
  • sri hartini Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v6i2.4603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak pengaruh layanan orientasi tentang menejemen diri terhadap konsentrsi dalam mengikuti pembalajaran di kelas X TOKR 1 SMK Negeri 1 Miri Tahun 2018/2019.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TOKR 1 yang berjumlah 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulan data tentang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian. Teknis analisis data menggunakan rumus Uji-t atau t-test.Bahwa Hipotesis Nol atau nihil (Ho) yang menyatakanâ€tidak Ada Pengaruh Layanan Orientasi Tentang Menejemen Diri terhadap Konsentrasi Dalam Mengikuti Pembelajaran Pada Siswa kelas X TOKR 1 di SMK Negeri 1 Miri Tahun 2018/2019 “ditolak ,berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan T-tes diperoleh hasil nilai t sebesar 13,41. Selanjutnya nilai T- hitung tersebut dikonsultasikan dengan T-tabel dengan db = (N-1) = (36-1) = 35 pada taraf signifikansi 5% = 2,030. Bahwa hasil T-hitung=13,41 lebih besar dari T-tabel pada taraf signifikansi 5% =2,030, dengan demikian Hipotesis yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Orientasi Tentang Menejemen Diri Terhadap Konsentrasi Dalam Mengikuti Pembelajaran Pada Siswa Kelas X TOKR 1 Di SMK Negeri 1 Miri Tahun 2018/2019†diterima kebenarannya, pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci : Layanan Orientasi Tentang Menejemen Diri Konsentrasi Dalam Mengikuti Pembelajaran

References

Sudaryono.2018.Metodologi Penelitian.Depok:PT Rajagrafindo Persada

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung:CV Alfabeta.

Suharsimi Arikunto.2016.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara

Tri Puspita Ratih A http://eprints.ums.ac.id/25370/1/hal_depan.pdf yang diakses pada tanggal 29 Januari 2019

Downloads

Published

2020-12-02

Issue

Section

Artikel