PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERSEPSI MEROKOK SISWA KELAS X SMK NEGERI NGARGOYOSO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • rendi pratama Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v6i2.4601

Abstract

Penelitian ini bertujuan bertujuan mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019.Populasinya siswa kelas X SMK berjumlah 213 siswa terdiri atas 6 kelas. Sampel jatuh pada siswa kelas X TSM 4 sebanyak 35 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen berupa angket terlebih dahulu diuji cobakan pada 20 siswa kelas X TSM 1 guna menguji tingkat validitas dan reliabilitas. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 30 item dari 35 dinyataan valid sedang reliabilitasnya diperoleh 0,976. Teknik analisis data menggunakan Treatment By Subjects Designs (Pola TS) t-test.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentang pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X TSM 4 SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019, diperoleh nilai thitung sebesar 7,429. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada derajat kebebasan (d.b) = N – 1 (35-1) = 34, dengan taraf signifikansi 5% = 2,030 dan taraf signifikansi 1% = 2,724. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% atau (2,030 < 7,429 > 2,724), maka hipotesis yang berbunyi: “Ada pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019â€, terbukti kebenarannya. Kata kunci : Konseling Kelompok, Persepsi Merokok.

References

Alfi Satiti. 2011. Strategi Rahasia Berhenti Merokok. Yogyakarta: Datamedia.

Dewa Ketut Sukardi. 2008. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. dan M.M Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2020-12-02

Issue

Section

Artikel