PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERSEPSI MEROKOK SISWA KELAS X SMK NEGERI NGARGOYOSO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i2.4601Abstract
Penelitian ini bertujuan bertujuan mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019.Populasinya siswa kelas X SMK berjumlah 213 siswa terdiri atas 6 kelas. Sampel jatuh pada siswa kelas X TSM 4 sebanyak 35 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen berupa angket terlebih dahulu diuji cobakan pada 20 siswa kelas X TSM 1 guna menguji tingkat validitas dan reliabilitas. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 30 item dari 35 dinyataan valid sedang reliabilitasnya diperoleh 0,976. Teknik analisis data menggunakan Treatment By Subjects Designs (Pola TS) t-test.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentang pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X TSM 4 SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019, diperoleh nilai thitung sebesar 7,429. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada derajat kebebasan (d.b) = N – 1 (35-1) = 34, dengan taraf signifikansi 5% = 2,030 dan taraf signifikansi 1% = 2,724. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% atau (2,030 < 7,429 > 2,724), maka hipotesis yang berbunyi: “Ada pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi merokok pada siswa kelas X SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019â€, terbukti kebenarannya. Kata kunci : Konseling Kelompok, Persepsi Merokok.References
Alfi Satiti. 2011. Strategi Rahasia Berhenti Merokok. Yogyakarta: Datamedia.
Dewa Ketut Sukardi. 2008. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Winkel, W.S. dan M.M Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Downloads
Published
2020-12-02
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.