PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG BULLYING TERHADAP KERUKUNAN TEMAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i2.4596Abstract
Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Ada tidaknya “Pengaruh Layanan Informasi Tentang Bullying Terhadap Kerukunan Teman Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX Negeri 1 Colomadu, Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 35 siswa yang mengalami masalah kerukunan teman. Dari 35 siswa jumlah anggota populasi tersebut digunakan semua sebagai sampel penelitian. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok dan bantu. Metode pokok yang terdiri dari metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kerukunan teman dan metode bantu yang terdiri dari metode wawancara dan obserbasi dipergunakan untuk mengetahui perilaku kerukunan teman antar siswa, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian dalam bentuk gambar. Teknik analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan dari hasil analisis data menggunakan teknik analisis data dengan t-tes, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan informasi tentang bullying terhadap kerukunan teman pada siswa kelas IX SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019. Ini dibuktikan dengan t hitung = 12,21 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5%. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,032 < 12,21. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh layanan informasi tentang bullying terhadap kerukunan teman pada siswa kelas IX SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci : Layanan informasi, Kerukunan temanReferences
Anggi Martin.2011. Pengertian Toleransi.Diakses dari http://gieblogz.blogspot.com/2011/ 03/pengertian-toleransi.html pada hari Selasa, 22 Januari 2019 pukul 13.15 WIB.
Bimo Walgito. 2004. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Andi Offset.
Gantina Komalasari, Wahyuni dan Karsih. 2011. Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
Wahyudi Muchlas Samani. dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Geldard Kathryn.2014.Konseling Remaja Intervensi Praktis Bagi Remaja Berisiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Novan Ardy Wiyani.2012. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Prayitno Dan Erman Amti. 2013. Dasar- Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT Rinerka Cipta.
Sugiyono. 2015 . Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Samsudi.2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang : UNNES Press
Suharsimi. Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita Publising.
WS. Winkel. dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.