Internalisasi Nilai-nilai Piil Pesenggiri untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3756Abstract
Internalisasi merupakan proses penanaman dan usaha menumbuhkan suatu nilai pada individu, sehingga nilai-nilai tersebut menjadi bagian dari individu tersebut. Nilai-nilai yang ditanamkan merupakan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat. Pada penelitian ini nilai-nilai yang ditanamkan adalah nilai-nilai piil pesenggiri untuk mencegah perilaku bullying. Perilaku bullying merupakan tindakan agresif yang sengaja dilakukan oleh suatu kelompok atau individu secara berulang dalam jangka waktu tertentu terhadap individu yang tidak dapat mempertahankan diri. Penelitian ini bertujuan mengetahui secara lebih mendalam internalisasi nilai piil pesenggiri untuk mencegah perilaku bullying. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, menggunakan triangulasi untuk mengecek kebsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang dapat di internalisasikan adalah bejuluk adek, nemui nyimah, nyengah nyappur dan sakai sambayan. Internalisasi nilai-nilai ini meliputi proses eksternalisas, objektivasi dan hasil internalisasi. Peneliti selanjutnya sebaiknya menguji efektivitas internalisasi nilai piil pesenggiri untuk mencegah perilaku bullying.
References
Ariyani, F., Yufrizal, H., Agustina, E. S., & Mustofa, A. (2015). Konsepsi Piil Pesenggiri Menurut Masyarakat Adat Lampung Waykanan Di Kabupaten Waykanan. Aura Printing & Publishing.
Astaman, N., Putra, Wahyono, H., & Wardoyo, C. (2016). Internalisasi nilai-nilai pendidikan. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2189–2193.
Bangsawan, R. (2017). IMPLEMENTASI SAKAI SAMBAYAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MASYARAKAT DI TIYUH KARTA KECAMATAN TULANG BAWANG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. UIN Raden Intan Lampung.
Coloroso, B. (2011). Bully, bullied, bystander... and beyond. Education Digest, 77(4), 36–39.
Grégoire, J., & J.R. Pauwels, L. (2019). Do Specific Combinations of Parent–Child Relationships Predict Moral Values? Deviant Behavior, 0(0), 1–25. https://doi.org/10.1080/01639625.2019.1627018
Grusec, J. E., & Goodnow, J. J. (1994). Impact of parental discipline methods on the child’s internalization of values: A reconceptualization of current points of view. Developmental Psychology, 30(1), 4.
Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F., & Hafiar, H. (2017). Negosiasi Citra Budaya Masyarakat Multikultural. Jurnal ASPIKOM, 3(2), 157–172.
Mappiare, A. (2017). Meramu Model Konseling Berbasis Budaya Nusantara: Kipas (Konseling, Intensif, Progresif, Adaptif, Struktur).
Neuman, J. H., Baron, R. A., Einarsen, S., Hoel, H., Zapf, D., & Cooper, C. (2011). Social antecedents of bullying: A social interactionist perspective. Bullying and Harassment in the Workplace: Developments in Theory, Research, and Practice, 201–225.
Novia,Wahyu, W. (2016). Pembelajaran Nilai-nilai Kearifan Lokal Sebagai Penguat Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Informal. Pembelajaran Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Penguat Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Informal, 13(1).
Sari, P. (2018). Pengembangan Panduan Pertimbangan Nilai Ajaran Nengah Nyapur Etnis Lampung Untuk Mereduksi Perilaku Bulying Siswa SMK, 1095–1099.
Sari, P., & Bulantika, S. Z. (2019). KONSELING INDIGENOUS BERBASIS TATA NILAI BUDAYA LAMPUNG “ PIIL PESENGGIRI †DALAM PEMBENTUKAN, 9(2), 190–199.
Schwartz, S. H. (2010). Basic values: How they motivate and inhibit prosocial behavior.
Tsai, K. M., Nguyen, H., Weiss, B., Ngo, V. K., & Lau, A. S. (2020). Effects of Family Obligation Values and Autonomy Support on Internalizing Symptoms of Vietnamese-American and European-American Adolescents. Journal of Child and Family Studies, 29(4), 1136–1146.
Wedgwood, R., & Griffin, J. (1998). Value Judgement: Improving Our Ethical Beliefs. The Philosophical Review (Vol. 107). https://doi.org/10.2307/2998445
Yusuf, Hi. (2017). Nilai-nilai Islam dalam Falsafah Hidup Masyarakat Lampung. Kalam, 10(1), 167. https://doi.org/10.24042/klm.v10i1.340
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.