Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Bagi Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2018 / 2019

Authors

  • Virga Dewantoro Nugroho Universitas Slamet Riyadi
  • A.R Koesdyantho Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi terhadap dampak negatif penggunaan media sosial bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018 / 2019, dimana masing-masing kelas di ambil 5 responden dari 7 kelas sehingga total sampelnya berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai penggunaan media sosial siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data kegiatan selama penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data secara statistik tentang pengaruh layanan informasi terhadap dampak negatif media sosial bagi siswa kelas VIII di SMP Negari 1 Matesih tahun pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai t hitung sebesar 10,983. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan db = (N – 1) = (35 – 1) = 34 pada taraf signifikansi 5% = 2,032. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil t hitung = 10,983 lebih besar dari t hitung pada taraf signifikansi 5% = 2,032. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka hipotesis menyatakan bahwa : “ Ada pengaruh layanan informasi terhadap dampak negatif penggunaan media sosial bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Matesih tahun pelajaran 2018/2019†terbukti kebenarannya baik pada taraf signifikansi 5%.

Kata Kunci : Layanan Informasi, Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial.

References

Ami Pratiwi, 2011 : https://www.kompasiana.com/amipratiwi18/pengaruh-media-sosial-bagi-remaja_5902e5578c7e61e71b2c3016. Di akses pada 19.30 WIB (Senin, 23 April 2018).

Deni Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong L.J.2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.Rosdakarya.

Nyi Mas Diane Wulansari. 2017. Didiklah Anak Sesuai Zamannya. Jakarta: Visimedia.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar BK. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukandarrumidi. 2012. Dasar-dasar Penulisan Proposal Penelitian : Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Toha Anggoro, dkk. 2010. Metode Penelitian. Jakarta Pusat: Universitas Terbuka.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2020-05-31

Issue

Section

Artikel