Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Bagi Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2018 / 2019
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3730Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi terhadap dampak negatif penggunaan media sosial bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018 / 2019, dimana masing-masing kelas di ambil 5 responden dari 7 kelas sehingga total sampelnya berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai penggunaan media sosial siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data kegiatan selama penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data secara statistik tentang pengaruh layanan informasi terhadap dampak negatif media sosial bagi siswa kelas VIII di SMP Negari 1 Matesih tahun pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai t hitung sebesar 10,983. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan db = (N – 1) = (35 – 1) = 34 pada taraf signifikansi 5% = 2,032. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil t hitung = 10,983 lebih besar dari t hitung pada taraf signifikansi 5% = 2,032. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka hipotesis menyatakan bahwa : “ Ada pengaruh layanan informasi terhadap dampak negatif penggunaan media sosial bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Matesih tahun pelajaran 2018/2019†terbukti kebenarannya baik pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : Layanan Informasi, Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial.References
Ami Pratiwi, 2011 : https://www.kompasiana.com/amipratiwi18/pengaruh-media-sosial-bagi-remaja_5902e5578c7e61e71b2c3016. Di akses pada 19.30 WIB (Senin, 23 April 2018).
Deni Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong L.J.2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.Rosdakarya.
Nyi Mas Diane Wulansari. 2017. Didiklah Anak Sesuai Zamannya. Jakarta: Visimedia.
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar BK. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukandarrumidi. 2012. Dasar-dasar Penulisan Proposal Penelitian : Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Toha Anggoro, dkk. 2010. Metode Penelitian. Jakarta Pusat: Universitas Terbuka.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.