Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Sikap Sosial Teman Sebaya Pada Siswa SMP Negeri I Colomadu Kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3723Abstract
Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Sikap Sosial Siswa Teman Sebaya Pada Siswa SMP Negeri I Colomadu Kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018â€.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C di SMP N 1 Colomadu tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 33 orang siswa. Dari jumlah anggota populasi tersebut semuanya digunakan sebagai sampel. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini adalah total sampling (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode, angket, observasi dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang sikap sosial siswa teman sebaya, metode observasi dipergunakan untuk mengetahui ciri-ciri sikap sosial, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian dan data pendukung lainya. Teknik analisis data dengan.Berdasarkan hasil data dengan teknik analisis data , dapat dibuktikan dengan t hitung = 19,06 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (33-1) = 32 dalam taraf signifikansi 5% =2,036. Sehingga di peroleh kesimpulan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap sikap sosial siswa teman sebaya pada siswa SMP Negeri I Colomadu Kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 19,06 > 2,036. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap sikap sosial siswa teman sebaya pada siswa SMP Negeri I Colomadu Kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.
Kata kunci : Bimbingan kelompok, Sikap sosial, Teman sebaya
References
Abdul Nasir. 2011 . Metologi Penelitian. Yogyakarta: Nuha Medika.
Iyang Sukandar. 2008 . Pendidikan Sebaya Remaja. Jakarta: Palang Merah Indonesia Press
Sitti Hartinah. 2009 . Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama
Soejidjo Notoatmodjo. 2012 . Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabet
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Wawan Dan Dewi. 2010. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.