Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Media Games Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IPS 5 Di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3722Abstract
Abstrak :Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Media Games Terhadap Tingkat KepercayanDiri Siswa Kelas X IPS 5 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 5 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa, sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kepercayaan diri, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data diri dan data-data lainnya yang dibutuhkan dalam penelitian. Teknik analisis data menggunakan t-tes. Hasil analis data secara statistik tentang pengaruh konseling kelompokdengan media games terhadap tingkatkepercayaandiri siswa kelas X IPS di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh thitung sebesar 3,367 dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = (N-1) = (36-1) = 35dalam taraf signifikansi 5% = 2,030 dan 1% = 2,724. Jadi dapat disimpulkan thitung lebih besar dari ttabel atau 2,030<3,459> 2,724. Berdasarkan hasil analisis data di atas, maka hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh konseling kelompokdengan media games terhadap kepercayaan diri siswa kelas X IPS 5 di MAN 1 surakarta tahun pelajaran 2018/2019†terbukti kebenarannya pada taraf signifikan 5%.
Kata Kunci : konseling kelompok, kepercayaan diri media games.References
https://m.liputan6.com/health/read/3462397/kepercayaan-diri-anak-perempuan-indonesia-rendah-apa-sebabnya;diunduh Kamis 24 Januari 2018
Sudaryono. 2017.Metodologi Penelitian.Depok:PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : PT Rineka Cipta
Arikunto. 2016.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.