Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Media Games Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IPS 5 Di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • anugrah prindhinia rihhadatul rifda Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v6i1.3722

Abstract

Abstrak :Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Media Games Terhadap Tingkat KepercayanDiri  Siswa Kelas X IPS 5 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 5 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa, sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kepercayaan diri, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data diri dan data-data lainnya yang dibutuhkan dalam penelitian. Teknik analisis data menggunakan t-tes. Hasil analis data secara statistik tentang pengaruh konseling kelompokdengan media games terhadap tingkatkepercayaandiri siswa kelas X IPS di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh thitung sebesar 3,367 dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = (N-1) = (36-1) = 35dalam taraf signifikansi 5% = 2,030 dan 1% = 2,724. Jadi dapat disimpulkan thitung lebih besar dari ttabel atau 2,030<3,459> 2,724. Berdasarkan hasil analisis data di atas, maka hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh konseling kelompokdengan media games terhadap kepercayaan diri siswa kelas X IPS 5 di MAN 1 surakarta tahun pelajaran 2018/2019†terbukti kebenarannya pada taraf signifikan 5%.

Kata Kunci : konseling kelompok, kepercayaan diri media games.

References

https://m.liputan6.com/health/read/3462397/kepercayaan-diri-anak-perempuan-indonesia-rendah-apa-sebabnya;diunduh Kamis 24 Januari 2018

Sudaryono. 2017.Metodologi Penelitian.Depok:PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : PT Rineka Cipta

Arikunto. 2016.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Published

2020-05-31

Issue

Section

Artikel