PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG MANAJEMEN WAKTU TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA FULL DAY SCHOOL KELAS X TKJ SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Winda Septiana universitas slamet riyadi
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas universitas slamet riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3190

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi tentang manajemen waktu terhadap kemandirian siswa Full Day School kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan desain penelitiannya adalah non eksperimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket, observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji t (ttest). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 93 siswa dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa (kelas X TKJ) dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling secara acak mengambil 10 anak dari setiap kelas X TKJ 1, X TKJ 2 dan X TKJ 3. Dari data yang terkumpul, setelah dianalisis diperoleh thitung sebesar 13,5577   kemudian dibandingkan dengan ttabel2,048 dalam taraf signifikansi 5% dan d.b = (N-1) = (30-1) diperoleh angka 29. Dengan demikian thitung> ttabel(13,5577 > 2,048). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan informasi tentang manajemen waktu meningkatkan kemandirian siswa Full Day School kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian tersebut mengarahkan rekomendasi diharapkan guru bimbingan dan konseling di SMK Batik 1 Surakarta hendaknya dapat memberikan pelayanan yang menarik terhadap siswa terutama yang berkaitan dengan kemandirian siswa agar tidak lelah dalam pembelajaran walaupun Full Day School. Hal itu dapat dilakukan, salah satunya melalui informasi tentang Manajemen Waktu. . Kata kunci : Layanan informasi tentang manajemen waktu terhadap kemandirian siswa full day school.

References

Budi Purwoko. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Deni Darmawan. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

Geldard, Kathryn & Geldard, David. 2010. Konseling Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Haris Mudjiman. 2006. Belajar Mandiri. Surakarta: Lembaga Jamal Ma’mur Asmani.2017. Full Day School. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Malayu S.P Hasibuan. 2016. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara. Marion E. Haynes. 2010. Manajemen Waktu. Jakarta: Indeks. Mohammad Ali & Mohammad Asrori. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Parker, Deborah K. 2005. Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak.Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Prayitno. 2017.Konseling Profesionnal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

____. 2010. Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan danKonseling. Yogyakarta: Aditya Media.

Terry, George R. 2016. Prinsip-prinsip Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Winkel & Hastuti, Sri. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zainal Aqib. 2012. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2019-10-04

Issue

Section

Artikel