PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP BELAJAR EFEKTIF (Penelitian Pada Siswa Kelas X AKL SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019)
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3188Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi dengan media audio visual terhadap belajar efektif pada siswa kelas X AKL SMK Batik 1 Surakarta TahunPelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa, sampel yang digunakan adalah kelas X AKL 1 dan X AKL 2 SMK Batik 1 Surakrta dengan teknik proporsional random Sampling, sehingga penulis mengambil sampel masing-masing 15 siswa dari kelas tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi, dan observasi sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai belajar efektif siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi dengan media audio visual, teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data siswa kelas X AKL. Sedangkan metode observasi digunakan untuk memperkuat data informasi dari pihak sekolah. Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakanrumus t-test. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar 11,393. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N – 1), maka d.b = (30 – 1) = 29 dalam taraf signifikansi 5% yaitu 2,048. Sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,048 < 11,393. Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Audio Visual terhadap Belajar Efektif Pada Siswa Kelas X AKL SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.Â
Kata Kunci : Layanan Informasi dengan Media Audio Visual Terhadap Belajar Efektif
References
Asis Saefuddin & Ika Berdiati. 2016. Pembelajaran Efektif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Bimo Walgito. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta : CV Andi Off Set.
Cholid Narbuko & Abu Achmadi. 2013. Metodologi Penelitia. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Deni Darmawan. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
_______. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
________. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
_______________. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Winkel & Sri Hastuti. 2004. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.
Zainal Aqib & Ikhtisar. 2012. Bimbingan & Konseling Di Sekolah. Bandung : Yrama Widya.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.