PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA FILM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN JURUSAN KELAS X AKL SMK BATIK 1 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3181Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Film Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jurusan Kelas X AKL SMK BATIK 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Surakarta, Mei 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL di SMK Batik I Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 54 siswa dan siswa X AKL SMK Batik 2 Surakarta, dimana siswa X AKL SMK Batik I sebagai kelas penelitian dan siswa X AKL Batik 2 sebagai kelas uji coba tryout angket. Dari jumlah anggota populasi tersebut semua digunakan sebagai sampel penelitian. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok dan metode bantu. Metode pokok yang terdiri dari angket dan dokumentasi dipergunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar dan dokumentasi kegiatan selama penelitian, metode bantu yang terdiri dari observasi dan wanwancara dipergunakan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dan kendala dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Teknik analisis data dengan t-tes. Berdasarkan analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa “Ada Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Film Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jurusan Kelas X AKL SMK BATIK 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Ini dibuktikan dengan t hitung = 8,061 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (54-1) = 53 dalam taraf signifikansi 5% di peroleh =2,006 . Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 8,061> 2,006. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “AdaPengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Film Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jurusan Kelas X AKL SMK BATIK 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019â€, terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.Â
Kata kunci : Layanan penguasaan konten, Media film, Prestasi belajar
Â
References
Muhibbin Syah. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali pers.
Prayitno.2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling.
______.2017.Konseling Profesional yang Berhasil. Jakarta: Raja Wali Pers.
Lydia Ersta K.2010.Bimbingan dan Konseling Belajar.Surakarta:FKIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. 2011.Media Pembelajaran Manual dan Digital.
Mochamad Nursalim.2013.Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling.Jakarta Barat:Akademia Permata.
______. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali pers.
Sudaryono.2018.Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono .2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
______. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Romalina Wahab. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Wali Pers
Teguh Trianton.2013. Film Sebagai Media Belajar.Yogyakarta:Graha Ilmu.
______.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D.Bandung:Alfabeta
Suharsimi Arikunto.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nana Syaodih Sukmadinata.2009.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
______.1993.Prosedur penelitian. Jakarta: Bina Aksara.
Hamid Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Narbuko Cholid & Abu Achmadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. ______.2013.Prosedur Penelitiaan. Jakarta: Rineka Cipta.
______.2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukandarrumidi. 2012. Metodologi penelitian petunjuk praktis untuk peneliti pemula. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.