HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS X IPS DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i2.3180Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas X IPS MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 181 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 45 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai motivasi belajar dan perencanaan karir siswa, metode observasi digunakan untuk mengamati motivasi belajar siswa dan kemampuan siswa dalam membuat perencanaan karir serta dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa yang digunakan sebagai responden. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh r hitungsebesar 0,755 selanjutnya nilai r hitungtersebut dikonsultasikan dengan tabel nilai r product moment pada taraf signifikansi 5 % yaitu 0,294. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai r hitunglebih besar dari rtabel atau 0,755 > 0,294. Dengan demikian, hipotesis kerja yang menyatakan bahwa “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan perencanaan karir pada siswa kelas X IPS MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 diterima kebenarannya dalam taraf signifikansi 5 %.Â
Kata kunci : Hubungan, Motivasi Belajar, Perencanaan Karir
References
Ahmad Saifuddin. 2018. Kematangan Karier (Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier.Yogyakarta : Pustaka Belajar
Bimo Walgito. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir).Yogyakarta: ANDI Offset
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Hamzah B. Uno.2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Prieska Rieftiana Risqi. 2014. Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Layanan Informasi Karir Pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran (AP) 1 SMK Negeri 2 Tegal.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 39 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya.
Sardiman.2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Uman Suherman. 2009. Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Bandung: UPI Press
Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.