PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE BERMAIN TEAMWORK PADA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 1 KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i1.2824Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Klaten melalui metode bermain kerja tim. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode kuesioner data dengan motivasi belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Studi menggunakan beberapa permainan, antara lain kembali ke belakang dan semua berdiri, tali kusut, lihat kaki kita, dan naga buta dapat meningkatkan motivasi siswa. Ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata pre-test dari 59,4% menjadi 72,9% pada siklus pertama dan 78,4% pada siklus kedua. Dari hasil, penelitian dibayar kembali karena kriteria keberhasilan yang ditargetkan 76% terlampaui.
Kata Kunci: Bermain Teamwork, Motivasi Belajar
References
Daftar Pustaka
Eko Abdul Surozaq. (2010). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Kurang (Underachiever) melalui Penerapan Konseling Kelompok Realita di Kelas X – D SMA Negeri 3 Tuban. Laporan Penelitian. SMA Negeri 3 Tuban.
Erni Setyani. (2012). Peningkatan Kecerdasan Emosional melalui Metode Bermain Teamwork pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Depok Yogyakarta. Skripsi. FIP –UNY
Farida Harahap dan Kartika Nur Fathiyah. (2009). Efektivitas Bimbingan Belajar Kelompok terhadap Percepatan Penyelesaian Skripsi pada Mahasiswa BK FIP UNY. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 2.
Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Alih bahasa: Iswiayanti & Soedjarwo). rev. ed. Jakarta: Erlangga.
Muhammad Nur Wangid. (2007). Bimbingan Belajar. Bahan Diklat. Profesi Guru Sertifikasi Guru Rayon 11 DIY & Jateng. DEPDIKNAS-UNY.
Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. rev.ed. Jakarta: Radjawali.
Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek.rev.ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.