PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI MEDIA GAMES TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VII C SMP N 2 KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i1.2795Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan klasikal melalui media games terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas VII C SMP N 2 Karangpandan Tahun Pelajaran 2017 / 2018.
Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 2 Karangpandan Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 32 siswa, sampel yang digunakan adalah kelas VII C SMP N 2 Karangpandan yang berjumlah 32 siswa dengan teknik sampling jenuh atau sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan klasikal melalui media games, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data siswa kelas VII C. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar
3,992. Selanjutnya hasil dari t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1), maka d.b = (32-1) = 31 dalam taraf signifikansi 5% dan 1% yaitu 2,040 dan 2,744. Sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,040 < 3,992 > 2,744. Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Melalui Media Games Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII C SMP N 2
Karangpandan Tahun Pelajaran 2017 / 2018†diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5% dan 1%.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Media Games, Komunikasi Interpersonal
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Sultra dan Nurhakki. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Suranto Aw. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Syamsu Yusuf dan Nurihsan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.