PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MASALAH ETIKA BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Rudiyarso & Dr. Hera Heru Sri Suryanti, M.Pd

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v5i1.2794

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Masalah Etika Berkomunikasi Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018â€.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang mengalami masalah etika berkomunikasi yang rendah di SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 34 siswa. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini adalah termasuk jenis nonprobability sampling. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang etika berkomunikasi yang rendah, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian. Teknik analisis data dengan t-tes.
Berdasarkan dari analisis data dengan teknik analisis data dengan t-tes, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap masalah etika berkomunikasi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Ini dibuktikan dengan t hitung = 13,279 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (34-1) = 33 dalam taraf signifikansi 5% dan 1%. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,034 < 13,279 > 2,733. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap masalah etika berkomunikasi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5% dan 1%.
Kata kunci : Bimbingan kelompok, Etika berkomunikasi

References

DAFTAR PUSTAKA

Bimo Walgito. 2004. Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Andi Offset.

Lilis Erma Suryani. 2013. Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi yang Beretika pada Siswa di SMA Negeri 1 Gondang. Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 01. 196-202.

Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung :Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sutrisno Hadi. 2004. Statistik. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Published

2019-03-18

Issue

Section

Artikel