HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING DENGAN MINAT BERKONSELING PADA SISWA KELAS X IPA DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i1.2793Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling dengan minat berkonseling pada siswa kelas X IPA di MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA di MAN 1 Surakarta Tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 181 siswa. Sampel sebesar 30% dari populasi yaitu 36 responden dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini merupakan tergolong penelitian kuantitatif pengumpulan datanya melalui instrumen penelitian berupa populasi dan sampel serta hasilnya diperoleh melalui prosedur statistik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling dengan minat berkonseling pada siswa, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa. Untuk menganalisis data digunakan rumus kolerasi product moment person.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan ada hubungan antara persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling dengan minat berkonseling yang didasarkan pada r hitung sebesar 0,723. Nilai r hitung tersebut, selanjutnya dikonsultasikan dengan r tabel dengan N = 36 pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 0,329 < 0,723 > 0,424. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “ada hubungan antara persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling dengan minat berkonseling pada siswa kelas X IPA di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018†diterima kebenarannya baik pada taraf signifikansi 5% dan 1%.
Kata Kunci : Persepsi siswa tentang pentingnya bimbingan konseling, Minat berkonseling
References
DAFTAR PUSTAKA
Bimo Walgito. 2010. Bimbingan Konseling Studi dan Karier. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
______. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Fuad Ihsan. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Handoko Wahyudin. 2013. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan Dan Konseling (BK) Dengan Minat Untuk Melakukan Konseling Di Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES PRES.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
______. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulis Styowati dkk. 2013. Hubungan Antara Persepsi Siswa terhadap Pribadi Konselor dan Fasilitas BK dengan Minat Siswa Untuk Memanfaatkan Layanan Konseling Di Sekolah. Jurnal BK UNESA. Vol. 03, No.1.
Tantri Wahyuni. 2011. Hubungan Antara Persepsi Tentang Layanan Bimbingan Konseling Dan Minat Berkonsultasi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim: Riau.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.