PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI SISWA YANG HIPERAKTIF MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL DENGAN KONSELING INDIVIDUAL (Penelitian Pada Kelas VIII SMP N 2 Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018)
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i1.2791Abstract
ABSTRAK
Evita Nur Chasanah. peran konselor dalam mengatasi siswa yang hiperaktif melalui pendekatan behavioral dengan konseling individual (penelitian pada kelas viii smp n 2 jaten kabupaten karanganyar tahun pelajaran 2017/2018). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Juli 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengentaskan permasalahan siswa yang memiliki kebiasaan hiperaktif dengan bantuan konselor melalui layanan konseling individu menggunakan pendekatan behavioral pada siswa kelas VIII SMP N 2 Jaten kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jaten Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 3 orang. Bentuk penelitian mengikuti paradigma penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara yaitu untuk memperoleh informasi yang lengkap. Teknik observasi untuk memperoleh data dengan mengamati sikap siswa pada saat beraktivitas di sekolah dan saat mengikuti layanan konseling individu. Teknik dokumentasi untuk memperoleh data mengenai identitas anak secara lengkap. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa layanan konseling individu dengan pendekatan behavioral terbukti dapat mengentaskan permasalahan siswa yang hiperaktif kelas VIII SMP N 2 Jaten kabupaten Karanganyar Tahun pelajaran 2017/2018. Hal itu dapat dibuktikan bahwa seluruh siswa yang menjadi subyek mengalami perubahan kebiasaan yang merupakan ciri-ciri dari hiperaktif dan menjadikan diri yang lebih baik.
Kata Kunci : Konselor mengatasi siswa Hiperaktif, Konseling Individual, Behavioral
References
DAFTAR PUSTAKA
Astri Rahayu. 2015. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menanggani Hiperaktvitas Pada Anak ADHD (Attention Defficit And Hyperactivity Disoeder) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta: Yogyakarta
Gantina Komalasari. Eka Wahyuni dan Karsih. 2011. Assesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komperhensif. Jakarta: PT Indeks
Imam Gunawan.2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Jeanette Murad Lesmana. 2011. Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Kusno Effendi. 2016. Proses dan Ketrampilan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Namora Lumongga Lubis. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rachmad Mulyono. 2003. Menangani Anak Hiperaktif. Jakarta Timur: Studia press
Rulam Ahmadi. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.