PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PERILAKU MENYONTEK (Penelitian Pada Siswa Kelas VII DI SMP N I Colomadu) Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v5i1.2789Abstract
ABSTRAK
Angga Risdian Pratama. PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PERILAKU MENYONTEK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Mei 2018.
Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Informasi Tentang Tata Tertib Sekolah Terhadap Perilaku Menyontek Kelas VII Di SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018â€.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Colomadu, Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 245 siswa. Dari 7 kelas jumlah anggota populasi tersebut digunakan 2 kelas sebagai sampel di mana kelas VII D sebagai uji coba tryout angket dan 35 siswa kelas VII yang di ambil dari 7 kelas dengan 5 siswa dari masing masing kelas yang mengalami perilaku menyontek sebagai pemberian treatment atau kelas penelitian. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini adalah kuota sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kenapa siswa melakukan perilaku menyontek, metode observasi dipergunakan untuk mengetahui ciri-ciri siswa yang sering melakukan perilaku menyontek, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian dalam bentuk gambar. Teknik analisis data menggunakan t-test.
Berdasarkan dari hasil analisis data menggunakan teknik analisis data dengan t-tes, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan informasi tentang tata tertib sekolah terhadap perilaku menyontek kelas VII di SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018. Ini dibuktikan dengan t hitung = 11,875 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5%. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,032 < 11,875. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh layanan informasi tentang tata tertib sekolah terhadap perilaku menyontek kelas VII di SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018†terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.
Kata kunci : Layanan informasi, Tata tertib sekolah , Perilaku menyontek.
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Astri Rahayu. 2015. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menanggani Hiperaktvitas Pada Anak ADHD (Attention Defficit And Hyperactivity Disoeder) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta: Yogyakarta
Gantina Komalasari. Eka Wahyuni dan Karsih. 2011. Assesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komperhensif. Jakarta: PT Indeks
Imam Gunawan.2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Jeanette Murad Lesmana. 2011. Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Kusno Effendi. 2016. Proses dan Ketrampilan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Namora Lumongga Lubis. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rachmad Mulyono. 2003. Menangani Anak Hiperaktif. Jakarta Timur: Studia press
Rulam Ahmadi. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.