KEEFEKTIFAN KONSELING CBT TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KUAT DAN CERDAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SLAMET RIYADI
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v4i1.2710Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter kuat dan cerdas padamahasiswa melalui teknik self instruction. Metode penelitan menggunakan eksperimen
dengan rancangan nonequivalent group pretest-postest control design. Subyek penelitian
adalah mahasiswa FKIP UNISRI. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Nilai
signifikansi kelompok eksperimen sebesar 0,005 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima,
artinya layanan konseling kelompok CBT teknik self instruction efektif untuk meningkatkan
karakter kuat dan cerdas mahasiswa Universitas Slamet Riyadi.
Kata Kunci : Konseling, Self instruction, Karakter
Downloads
Published
2019-02-08
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.