PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 9 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Sulastri & Agustinus Roedy Koesdyantho

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i1.2708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan
penguasaan konten terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9
Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah
170 siswa, sampel yang digunakan adalah kelas
VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E SMP Muhammadiyah 9 Gemolong yang bejumlah
30 orang dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan
untuk mengumpulkan data rasa percaya diri sebelum dan sesudah pemberian layanan
penguasaan konten. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan hasil analisis data yang dianalisis dengan menggunakan t-test diperoleh
hasil nilai t sebesar 5,755 ( Lampiran 13 ). selanjutnya nilai t hitung tersebut dikonsultasikan
dengan t tabel dengan db = (N-1) = ( 30 – 1 ) = 29 pada taraf signifikasi 5% dan 1% yaitu
2,045 dan 2,756. Jadi dapat disimpukan bahwa hasil t hitung lebih besar dari t tabel atau
(2,045 < 5,755 > 2,756). Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa : “Ada
pengaruh pemberian layanan penguasaan konten terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018†diterima kebenarannya baik
pada taraf signifikasi 5% dan 1%.
Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Rasa Percaya Diri

Published

2019-02-08

Issue

Section

Artikel