PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 9 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v4i1.2708Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layananpenguasaan konten terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9
Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah
170 siswa, sampel yang digunakan adalah kelas
VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E SMP Muhammadiyah 9 Gemolong yang bejumlah
30 orang dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan
untuk mengumpulkan data rasa percaya diri sebelum dan sesudah pemberian layanan
penguasaan konten. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan hasil analisis data yang dianalisis dengan menggunakan t-test diperoleh
hasil nilai t sebesar 5,755 ( Lampiran 13 ). selanjutnya nilai t hitung tersebut dikonsultasikan
dengan t tabel dengan db = (N-1) = ( 30 – 1 ) = 29 pada taraf signifikasi 5% dan 1% yaitu
2,045 dan 2,756. Jadi dapat disimpukan bahwa hasil t hitung lebih besar dari t tabel atau
(2,045 < 5,755 > 2,756). Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa : “Ada
pengaruh pemberian layanan penguasaan konten terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 9 Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018†diterima kebenarannya baik
pada taraf signifikasi 5% dan 1%.
Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Rasa Percaya Diri
Downloads
Published
2019-02-08
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.