PERAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PILIHAN KARIR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON KARIR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Geima Rahma Tunisa

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i1.2705

Abstract

Tujuan yang ingindicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran
bimbingan kelompok terhadap pilihan karir siswa dengan menggunakan media pohon karir
pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Bentuk
penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini subyek yang digunakan
adalah 9 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi, dimana teknik tersebut digunakan untuk mengumpulkan data
sebanyak-banyaknya.Wawancara dilaksanakan guna mendapatkan data dan sebagai tolok
ukur dalam pemilihan subyek penelitian. Dokumentasi digunakan sebagai data acuan dalam
setiap pemberian layanan bimbingan kelompok, sedangkan observasi digunakan untuk
mengumpulkan data selama pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok dari awal hingga
selesai guna mengetahui temuan yang ada dalam kegiatan penelitian. Penggunaan media
dalam kegiatan bimbingan kelompok digunakan sebagai alat dalam kegiatan layanan
bimbingan kelompok tentang pilihan karir siswa. Untuk mengetahui keabsahan data
digunakan teknik triangulasi, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik analisis kritis komparatif. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa
bimbingan kelompok memiliki peran dalam pilihan karir siswa yang sesuai dengan konsep diri dan
kepribadian mereka.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Media Pohon Karir, Pilihan Karir.

Published

2019-02-08

Issue

Section

Artikel