PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOPAN SANTUN SISWA KEPADA GURU (Penelitian Pada Kelas VIII SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018)

Authors

  • Aliffah Datik Wahyuni & Lydia Ersta K

DOI:

https://doi.org/10.33061/jm.v4i1.2702

Abstract

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan
bimbingan kelomnpok terhadap sopan santun siswa kepada guru (penelitian pada kelas VIII
SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Colomadu
Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. sedangkan sempel yang digunakan
adalah 42 siswa, tehnik pengumpulan datanya menggunakan angket sopan santun siswa
kepada guru melalui dua tahap, yaitu sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok
maka untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes.
Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok
terhadap sopan santun siswa kepada guru kelas VIII SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran
2017/2018 diperoleh nilai t hitung sebesar = 3,492 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada
d.b = N – (42-1) = 41, yang menunjukan t tabelpada taraf signifikansi 5% = 2,698 dengan
demikian maka nilai t hitunglebih besar dari pada t tabel, atau 3,492 > 2,698. Sehubung dengan
hal tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: “ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok terhadap sopan santun siswa kepada guru (Penelitian pada kelas VIII
SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018)â€, terbukti kebenaranya.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Sopan Santun Siswa Kepada Guru

Published

2019-02-08

Issue

Section

Artikel