PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOPAN SANTUN SISWA KEPADA GURU (Penelitian Pada Kelas VIII SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018)
DOI:
https://doi.org/10.33061/jm.v4i1.2702Abstract
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layananbimbingan kelomnpok terhadap sopan santun siswa kepada guru (penelitian pada kelas VIII
SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Colomadu
Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. sedangkan sempel yang digunakan
adalah 42 siswa, tehnik pengumpulan datanya menggunakan angket sopan santun siswa
kepada guru melalui dua tahap, yaitu sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok
maka untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes.
Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok
terhadap sopan santun siswa kepada guru kelas VIII SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran
2017/2018 diperoleh nilai t hitung sebesar = 3,492 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada
d.b = N – (42-1) = 41, yang menunjukan t tabelpada taraf signifikansi 5% = 2,698 dengan
demikian maka nilai t hitunglebih besar dari pada t tabel, atau 3,492 > 2,698. Sehubung dengan
hal tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: “ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok terhadap sopan santun siswa kepada guru (Penelitian pada kelas VIII
SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018)â€, terbukti kebenaranya.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Sopan Santun Siswa Kepada Guru
Downloads
Published
2019-02-08
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.